oleh

Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria Serdang Bedagai, Gugus Tugas Langsung Dipimpin Bupati

Sei Rampah, BatakToday

Pemerintah Daerah Serdang Bedagai menyelenggarakan Penyuluhan Penyelesaian Konflik Pertanahan Tahun 2019, di Aula Sultan Serdang, Lokasi Perkantoran Kabupaten Serdang Bedagai, Sei Rampah, Rabu (11/12/2019).

Dibuka oleh Asisten 1 , Drs. Fajar Simbolon,  M.Si, mewakili Bupati Serdang Bedagai, Ir Soekirman, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kurun waktu 2014-2019 terdapat 21 konflik agraria yang mediasinya difasilitasi oleh Pemkab Serdang Bedagai.

Disebutkan juga, perlunya diseminasi meluas melalui desa, agar masyarakat faham bagaimana mediasi konflik pertanahan dalam rangka pemberian jaminan kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah secara adil dan merata,  serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukim Serdang Bedagai, H Dasril,  SKM, M.Kes, dari pihak penyelenggara, menyampaikan, bahwa acara ini bertujuan memberikan pemahaman tentang kepastian hukum dan perlindungan hukum, penyediaan informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan, dan terselenggaranya tertib administrasi pertanahan.

Wina Khairina,  dari Sekber Reforma Agraria Sumatera Utara, menyampaikan, bahwa percepatan penyelesaian konflik agraria di tataran kabupaten harus dipimpin langsung oleh Bupati.

“Serdang Bedagai sudah melakukan terobosan dengan membentuk GTRA (Gugus Tugas Reforma Agraria) yang dipimpin langsung oleh Bupati Serdang Bedagai, Bapak Ir. Soekirman. Untuk percepatan pembuatan peta jalan Reforma Agraria 2020, GTRA memang seharusnya dipimpin langsung Bupati agar bisa diimplementasikan dengan baik. Serta Pemerintah Daerah Serdang Bedagai sebagai aktor negara, juga harus berupaya memastikan praktek-praktek HAM dan Bisnis tidak mengganggu implementasi dan penikmatan Hak Asasi Manusia pada masyarakat, khususnya terkait hak atas keadilan agraria, dengan memastikan semaksimal mungkin promosi, pemenuhan dan perlindungan hak-hak agraria masyarakat di Serdang Bedagai,” sebutnya.

Acara ini dihadiri oleh narasumber ahli dari Polres Serdang Bedagai,  Ipda Tri Pranata Purba,  Kanwil BPN Provibsi Sumatera Utara,  Sontian Siahaan,  SH,  CN,  Kepala BPN Kab. Serdang Bedagai,  I Wayan Suada,  A.Ptnh, SH,  MH,  dan Sekber Reforma Agraria Sumatera Utara,  Wina Khairina,  M.Si. Dan juga dihadiri oleh 100 orang peserta yang terdiri dari 17 Camat dan perwakilan Kepala Desa se Serdang Bedagai, Tim Fasilitasi Konflik Pertanahan  Serdang Bedagai,  serta Kejari Serdang Bedagai. (rel/ajvg)

News Feed