oleh

Pilkada Samosir: KPU Kabupaten Samosir Tetapkan DPT 93.888 Pemilih

Pangururan, BatakToday –

Rapat pleno terbuka KPU Samosir yang dilaksanakan kemarin Jumat (2/10) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Samosir tahun 2015 sebanyak 93.888 pemilih yang tersebar di 9 kecamatan, 134 desa dan 322 TPS. Jumlah tersebut berkurang sebanyak 697 pemilih dibanding Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 94.585 pemilih yang ditetapkan pada rapat pleno KPU Kabupaten Samosir pada tanggal 1 September 2015 yang lalu.

Rapat dibuka Ketua KPU Kabupaten Samosir Suhadi Situmorang dan dihadiri oleh tiga komisioner lainnya, Fernando Sitanggang, Ika Rolina Samosir, dan Jonsen Situmorang, PPK se-Kabupaten Samosir, Panwas Kabupaten Samosir. tim pemenangan empat pasangan calon, dan Pemerintah Kabupaten Samosir yang diwakili Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Melani Butarbutar.

Proses rekapitulasi DPT diawali dengan pembacaan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan oleh masing-masing PPK.

Keabsahan Surat Keterangan Domisili (SKD) sebagai dasar pengakuan pemilih untuk masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan 2 (DPTb2) sempat dipermasalahkan Melani Butarbutar. Namun Komisioner KPU Samosir Fernando Sitanggang menjelaskan bahwa Peraturan KPU No.4 tahun 2015 mengakomodasi pemilih secara optimal untuk dapat menggunakan hak pilihnya, dan SKD yang digolongkan sebagai dokumen identitas lainnya yang diterbitkan serendah-rendahnya oleh kepala desa merupakan dokumen kependudukan yang sah dalam proses pemilihan umum kepala daerah tanggal 9 Desember nanti.

Melani Butarbutar menyarankan agar KPU Samosir menyerahkan data SKD ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk segera diproses penerbitan Kartu Tanda Kependudukan (KTP).

DPT sejumlah 93.888 pemilih terdiri dari 46.280 pemilih laki-laki atau 49,29 persen dan 47.608 pemilih perempuan atau 50,71 persen. (RJP)

News Feed