oleh

Pilkada Siantar 6 Hari Lagi, Jangan Langsung Percaya Hasil Hitung Cepat

Pematangsiantar, BatakToday

Pelaksanaan pemungutan suara untuk Pilkada Pematangsiantar yang akan berlangsung pada tanggal 16 Nopember 2016, dimulai pukul 07.00-13.00 WIB, tinggal 6 hari lagi. Seperti dalam banyak pemilihan umum, baik legislatif maupun eksekutif, berbagai lembaga survey melakukan perhitungan cepat (quick count) perolehan suara masing-masing kontestan, dan mempublikasikan hasilnya pada hari yang sama, bahkan seiring dengan proses penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) kota Pematangsiantar, Josep Sihombing mengatakan, hitung cepat (quick count) sebuah lembaga survey belum tentu mengeluarkan data-data akurat pada hari pemungutan suara pelaksanaan Pilkada Siantar. Oleh karena itu, dia meminta supaya masyarakat tidak langsung percaya terhadap data-data perhitungan suara yang dikeluarkan suatu lembaga survey pada tanggal 16 November 2016 nanti.

“Masyarakat harus kritis mencermati data-data perhitungan suara  yang dikeluarkan oleh setiap lembaga survey. Kalau sudah kritis, saya yakin pasti masyarakat tidak langsung percaya begitu saja atas data hasil perhitungan suara  lembaga survey,” kata Josep saat dihubungi via seluler, Rabu (9/11).

Josep memprediksi, hasil hitung cepat yang dilakukan oleh lembaga survey pada hari pemungutan suara, kerap menjadi perdebatan di tengah-tengah masyarakat. Tidak tertutup kemungkinan hal itu terjadi akibat beberapa lembaga survey mengeluarkan data-data perhitungan suara yang berbeda.

“Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di masyarakat, lembaga survey juga harus menempatkan posisi yang pas sebagai kajian ilmiah. Supaya ke depannya masyarakat tidak meragukan integritas lembaga survey tersebut,” ungkap Josep.

Penetapan pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak, kata Josep, akan ditetapkan KPUD Siantar sesuai mekanisme tahapan Pilkada. Karenanya usai pemungutan suara, Panwaslih berharap masyarakat bersabar menunggu tahapan selanjutnya.

“Dalam tahapan Pilkada, KPUD Siantar nantinya akan menetapkan pasangan calon peraih suara terbanyak melalui rapat pleno. Disitu lah nanti kita tahu siapa paslon peraih suara terbanyak,” tegasnya mengakhiri. (EM)

News Feed