oleh

Pilkada Siantar: Keputusan KPUD Menunggu Salinan Putusan MA

Pematangsiantar, BatakToday

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pematangsiantar, Mangasi Tua Purba mengatakan, pihaknya masih menunggu salinan resmi putusan kasasi dari Mahkamah Agung terkait sengketa Pilkada Siantar, untuk membuat keputusan dalam lanjutan proses pilkada yang tertunda sebelumnya.

Hal ini disampaikan Mangasi dalam konperensi pers di kantor KPUD Siantar, Senin (3/10), menanggapi isu beredarnya informasi bahwa putusan MA untuk kasasi yang diajukan KPUD sehubungan status pasangan Surfenov-Parlin dalam Pilkada Siantar yang seharusnya diselenggarakan Desember 2015 lalu.

Karena sama sekali belum menerima salinan putusan MA secara resmi, KPUD Siantar menghimbau supaya masyarakat tetap bersabar menunggu. Mangasi menegaskan, setelah menerima salinan putusan MA, KPUD Siantar akan mempublikasikannya.

“Putusan MA kan belum kita terima, maka KPUD Siantar tidak mengetahui secara resmi isi putusanya,” ucapnya.

Namun, Mangasi mengungkapkan bahwa KPUD Siantar telah melakukan pengecekan di website MA terkait putusan sengketa Pilkada Siantar.

Dimana sesuai amatan KPUD Siantar di website MA,  salinan putusan Mahkamah Agung (MA ) RI No Register 417 K/TUN/2016 Majelis hakim kasasi yang dipimpin ketua  DR H Supandi SH MHum dengan dua anggota yakni Yosran SH MHum dan Is Sudaryono SH MH mengabulkan permohonan kasasi KPUD Siantar, membatalkan putusan majelis PTTUN Medan, mengadili sendiri perkara, dan menolak gugatan pasangan Surfenov Sirait-Parlindungan Sinaga.

“Jika nantinya putusan di website MA memang benar, maka Pilkada Siantar hanya diikuti 4 pasangan calon,” ucap Mangasi.

Mangasi menambahkan, setelah menerima salinan putusan MA, KPUD Siantar bakal berkordinasi dengan KPUD Provinsi Sumut, dan KPU RI untuk menyikapinya.

“Apa nanti yang menjadi isi salinan putusan MA, akan kami publikasikan secara resmi,” ujarnya mengakhiri. (EM)

News Feed