oleh

Pilkada Tebing Tinggi: Tiga Partai Pendukung Umar-Oki Tidak Memenuhi Syarat

Tebing Tinggi, BatakToday

Pasangan petahana Umar Zunaidi Hasibuan dan Oki Doni Siregar yang telah mendaftar ke KPUD Tebing Tinggi untuk mengikuti Pilkada 2017, Rabu (21/9) kemarin. Namun dalam proses pendaftaran ditemukan bahwa dari dukungan 9 partai yang diserahkan, ternyata 3 partai ditolak pihak KPUD Tebing Tinggi.

Ditolaknya dukungan 3 partai tersebut mengakibatkan terjadinya perdebatan panjang antara pasangan calon dan KPUD, ketika dinyatakan ada tiga Partai Politik yang belum memenuhi syarat dukungan sesuai dengan Peraturan KPU.

Tiga parpol pengusung yang dinyatakan tidak memenuhi syarat adalah Partai Golkar, Partai Demokrat dan PKPI. Sedang enam lainnya yang memenuhi syarat, yakni Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Hanura, PDI Perjuangan, PPP, dan PKB.

Hal itu terungkap saat pasangan yang  dipopulerkan  dengan sebutan “Umaro” ini bersama masing-masing pengurus kesembilan partai pengusung diterima KPUD Tebing Tinggi.

Sebelum berkas pendaftaran diterima, terlebih dahulu KPUD menyampaikan beberapa hal menyangkut tentang pencalonan dan tentang pelaksanaan Pemilukada, serta memaparkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.
Usai mendengarkan paparan atau sosialisasi, pasangan calon pun menyerahkan berkas pendaftaran.

Saat dilakukan verifikasi administrasi atas berkas yang disampaikan pasangan Umar Oki ini, barulah dinyatakan tiga partai pengusung  tidak memenuhi syarat sesuai  Peraturan KPU No.9/2016 tentang Pencalonan Kepala Daerah.

Pernyataan Ketua KPU Tebingtinggi Abdul Khoir ini mengakibatkan terjadinya perdebatan  di antara pasangan Umar Zunaidi Hasibuan dan Oki Doni Siregar.

Menurut Abdul Khoir Partai Golkar dalam mencalonkan pasangan Umaro tidak ditanda tangani Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Tebingtinggi, tapi oleh Wakil Sekretaris.

Demikian halnya dengan Partai Demokrat, sama dengan Partai Golkar, sedang PKPI disebabkan masih terjadinya dualisme kepengurusan dan belum ada keputusan tentang kepengurusan DPD Kota Tebingtinggi.

Dengan rasa kesal Umar Zunaidi Hasibuan meninggalkan kantor KPUD serta meminta Oki Doni Siregar menyelesaikan masalah tersebut (iss)

News Feed