oleh

PN Balige, Ambil Foto di Sidang Terbuka Harus Izin Hakim?

Balige, BatakToday

Pada persidangan untuk perkara dugaan pembakaran hutan dengan terdakwa Ketua Adat Huta Tukka Nisolu, Dirman Rajagukguk, Ketua Majelis Hakim Marsal Tarigan SH, MH, sempat menghentikan jalannya persidangan untuk menegur dan melarang, serta mempertanyakan izin untuk mengambil gambar kepada jurnalis BatakToday yang sedang melakukan kegiatan peliputan, Senin petang (29/05/2017).

Jurnalis BatakToday pada persidangan petang itu duduk bersama pengunjung lainnya di barisan terdepan. Dari tempat duduk, tanpa harus berdiri, beberapa kali mengambil foto persidangan yang sedang berlangsung. Ketika kemudian di tengah jalannya persidangan mendapat teguran dan larangan dari Marsal Tarigan SH, MH, jurnalis BatakToday tidak berkeinginan mengajukan protes. Jauh sebelumnya BatakToday telah puluhan kali meliput persidangan yang terbuka untuk umum di PN Balige, tanpa pernah sekalipun mendapat teguran maupun larangan dari Majelis Hakim atau pihak lainnya.

Jurnalis BatakToday kemudian berdiri, dan setelah memberi hormat kepada Ketua Majelis Hakim yang baru memberi teguran dan larangan, menyebut bahwa sebelumnya tidak meminta izin kepada siapapun.

“Tidak ada minta izin, Yang Mulia,” jawab BatakToday, seraya memberi isyarat tanda permisi, bermaksud meninggalkan ruang sidang dengan cara ‘baik-baik’.

Marsal Tarigan kemudian menyampaikan bahwa untuk bisa mengambil foto dalam persidangan, harus terlebih dahulu meminta izin kepada Humas PN Balige, atau jika berkeinginan boleh meminta izin langsung kepada Majelis, saat itu juga.

Namun BatakToday menyampaikan tidak akan melanjutkan lagi peliputan di dalam ruang sidang, dan selanjutnya melakukan ‘walkout’ meninggalkan ruang sidang. (ajvg)

News Feed