oleh

PN Balige Membludak

Balige, BatakToday

Entah penegakan hukum memang sedang menggebu, atau pelanggaran hukum yang semakin marak, yang pasti ruang sidang utama di Pengadilan Negeri Balige, Toba Samosir, hari ini Selasa (31/1/2017), membludak.

Pengadilan yang menjadi tempat mencari dan menguji kebenaran hukum dan rasa keadilan pada masyarakat, untuk kabupaten Tobasa dan kabupaten Samosir, hari ini dipenuhi dengan perkara.

Pada layar monitor informasi persidangan di lobby PN balige, ditunjukkan 17 perkara pidana dan 6 perkara perdata, dengan hanya 1 Majelis Hakim yang menyidangkan keseluruhan perkara ini.

Jumlah hakim, termasuk Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kelas II berjumlah 6 orang, sementara Wakil Ketua PN sedang dalam proses mutasi.

Hingga pukul 16.00 Wib sore ini, sejumlah perkara belum mulai disidangkan. Jadwal persidangan yang tidak dapat dipastikan membuat satu-satunya ruang sidang yang digunakan terlihat dipenuhi terdakwa, pengunjung, jaksa, aparat keamanan, yang membaur dengan petugas dari pengadilan sendiri.

Di sela-sela sidang yang satu ke sidang lainnya, terdengar celetukan salah satu pengunjung, walau dengan suara rendah setengah berbisik, ‘berhasil’ mengundang tawa tertahan dari beberapa orang yang hadir di bagian belakang ruangan, dekat pintu.

“Aut sura manggarar karcis hita na ro on, marlaba do pengadilan dohot akka petugas on ba (kalau bayar karcis kita yang hadir ini, beruntungnya pengadilan dan petugas ini ba)…,” celetuknya bersayap. (ajvg)

News Feed