oleh

PTUN Medan Menangkan Gugatan Surfenov-Parlin

Pematang Siantar, BatakToday-

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan mengabulkan gugatan pasangan Surfenov Sirait-Parlindungan Sinaga yang meminta pencoretan kepesertaan pasangan itu dalam pilkada agar ditunda sebagaimana dituangkan dalam putusan surat nomor : 98/G/2015 tertanggal 8 Desember 2015.

Ratusan massa simpatisan Surfenov Sirait-Parlindungan Sinaga yang berunjuk rasa sejak Selasa (8/12) pagi di depan kantor KPU Kota Pematang Siantar, bersorak gembira saat Mulyadi selaku kuasa hukum Surfenov Sirait-Parlindungan Sinaga membacakan langsung isi putusan PTUN tersebut.

Mulyadi mengatakan, isi pertimbangan hukumnya menegaskan bahwa dalam rangka menjaga hak konstitusional Surfenov-Parlin sebagai pasangan calon dan menjaga hak konstitusional pendukung pasangan Surfenov-Parlin, maka PTUN memandang perlu dengan mempertimbangkan keadaan-keadaan sosial politik, konflik horisontal dan sebagainya, diperlukan putusan sela, artinya mendahului sebelum ada putusan akhir.

“Putusan sela ini terjadi karena hakim meihat dan meyakini ada fakta hukum yang tidak benar terkait dengan pencoretan Surfenov-Parlin,” ujar Mulyadi.

Pembacaan putusan itu dilakukan usai Mulyadi bersama Surfenov-Parlin melakukan pertemuan tertutup dengan pihak KPU Pematang Siantar kurang lebih selama satu jam di ruangan kantor KPU Jalan Porsea.

Sementara itu, Mangasi Tua Purba selaku Ketua KPU Pematang Siantar usai pertemuan juga langsung menyambut massa Surfenov-Parlin.

Dalam penjelasannya, Mangasi mengatakan KPU Pematang Siantar sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sumatera Utara dan KPU RI, dan meminta pendukung Surfenov-Parlin untuk sabar menunggu putusan KPU RI.

Usai memberikan penjelasan, Mangasi masuk ke dalam ruangan kerjanya dengan pengawalan ketat pihak kepolisian dan TNI.

Pantauan BatakToday, hingga pada pukul 18.10 WIB belum ada pengumuman tentang putusan dari KPU RI kepada KPU Pemang Siantar terkait putusan PTUN yang memenangkan gugatan pasangan calon Surfenov-Parlin. (EM).

Foto: Suasana di depan kantor KPU Pematang Siantar usai pembacaan hasil putusan PTUN Medan, Selasa (8/12). (bataktoday/em).

News Feed