oleh

Putera Puteri Tobasa di Bandung

Bandung, BatakToday

Putra Putri Tobasa adalah salah satu organisasi yang lahir di Kota Bandung, Jawa Barat, yang berdiri atas inisiatif sekelompok pemuda-pemudi yang berasal dari daerah Toba dan sedang mengenyam studi di Kota Kembang tersebut.

Organisasi yang berdiri pada tanggal 15 Oktober 2015 tersebut menunjuk Osvaldo Silitonga sebagai Ketua Putera-Puteri Tobasa selama satu tahun kepengurusan sebagai wadah berkumpul bagi para pemuda-pemudi asal Tobasa.

Putera Puteri Tobasa atau akrab disebut dikalangan anggota dengan sebutan “PPT” ini diharapkan mampu membawa Budaya Toba lebih eksis lagi ke depannya, agar budaya Batak Toba tetap dapat dilestarikan sekalipun di perantauan, dan tetap memegang prinsip “Dalihan Natolu”. Dalihan Natolu adalah prinsip filosofis atau wawasan sosial-kultural masyarakat dan budaya Batak Toba khususnya,yang menjadi kerangka yang meliputi hubungan kekerabatan darah dan hubungan perkawinan yang mempertalikan satu kelompok di masyarakat Toba.

Setahun berjalanannya kepengurusan Putra-Putri Tobasa tidak menyurutkan tekad dan semangat para anggotanya untuk tetap melanjutkan jalannya roda organisasi. Alhasil secara Musyawarah dan Mufakat menghantarkan Theo Cosner Tambunan, S.H menjadi Ketua ke-II Putra-Putri Tobasa masa bakti 2017-2018.

Theo Cosner Tambunan, S.H yang akrab dipanggil Theo, seorang Putra Toba yang lahir di daerah Balige ini, berharap agar PPT mampu menciptakan para insan muda Batak Toba yang peduli dan cinta akan daerah asal kampungnya serta mampu menjadi para pemimpin yang akan membangun daerahnya kelak.

Beberapa waktu terakhir, Toba menjadi buah pembicaraan di kalangan masyarakat Toba khususnya, dikarenakan objek wisata Danau Toba menjadi salah satu pilot project Presiden Joko Widodo yang nantinya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitaran danau Toba. Menurut Theo, hal tersebut menjadi momentum yang baik mengingat sudah lama objek wisata tersebut jauh dari perhatian, khususnya pemerintah daerah Kabupaten Tobasa.

“Oleh karena itu, saya pribadi secara khusus berterimakasih kepada Bapak Presiden Hj. Ir. Joko Widodo, atas perhatian beliau dengan kota kelahiran saya. Kiranya dengan perhatian yang diberikan pemerintah terhadap objek wisata Danau Toba, dapat memberikan efek domino, baik berupa peningkatan perekonomian masyarakat Toba, pertukaran informasi oleh para wisatawan, serta pelestarian  Budaya Batak Toba. Putra-Putri Tobasa akan tetap mengawal jalan pembangunan daerah Toba yang pembangunannya telah berjalan di awal tahun 2017,” ujar Theo dalam relis yang diterima BatakToday.  .

Adapun Strukturisasi kepengurusan Putra Putri Tobasa Masa Bakti 2017-2018 yaitu sebagai berikut :

Strktur Organisasi PPT (ist)
Strktur Kepengurusan PPT (ist)

(rel/ajvg)

News Feed