oleh

Putusan KPU Siantar: Surfenov-Parlin Batal Ikut Pilkada 2015

Pematang Siantar, BatakToday

Setelah penantian panjang masyarakat Pematang Siantar, tentang kepastian status keikutsertaan pasangan Surfenov-Parlin, KPU Pematangsiantar akhirnya memutuskan untuk membatalkan Paslon No. 5 ini sebagai peserta Pilkada 2015.

Dalam jumpa pers yang dilakukan di ruang rapat KPUD, dengan didampingi para komisioner, Ketua KPU Pematang Siantar, Mangasi Tua Purba SH, menyampaikan keputusan sehubungan surat Bawaslu Sumut, sebagai tindak lanjut Putusan DKPP RI yang memerintahkan Bawaslu untuk mengoreksi putusan Panwaslu Pematang Siantar, yang menjadi dasar lolosnya pasangan Surfenov-Parlin menjadi peserta pilkada.

Isi putusan KPU Siantar yang disampaikan Mangasi, membatalkan Pasangan Calon Surfenov-Parlindungan, sekaligus membatalkan Pasangan No. 5, sebagai peserta Pilkada 2015.

Putusan ini juga sebagai pembatalan atas lokasi dan jadwal kampanye Surfenov-Parlin yang sebelumnya dijadwalkan pada hari Mingu, tanggal 29 September 2015, di lapangan Adam Malik Siantar.

Dalam putusan ini terdapat poin-poin yang membatalkan keputusan KPU Siantar sebelumnya yang berkaitan dengan keikutsertaan dan nomor urut Surfenov-Parlin untuk Pilkada 2015.

Sebelumnya, kantor KPU Siantar di jalan Porsea, didatangi oleh ratusan massa pendukung Surfenov-Parlin yang menyampaikan keinginan untuk dapat mengetahui putusan tentang pasangan yang mereka dukung.

Mereka meminta untuk bertemu dengan komisioner KPU Siantar. Pihak keamanan dari Polresta yang diwakili salah satu perwira, beberapa kali menenangkan massa, dengan memberi penjelasan bahwa komisioner KPU Siantar masih melakukan rapat pleno untuk menetapkan putusan.

Perlu dicatat, bahwa massa pendukung Surfenov-Parlin sama sekali tidak melakukan tindakan anarkis selama masa penantian keputusan KPU Siantar atas nasib pasangan Surfenov-Parlin, yang mereka dukung.

Hal ini tidak terlepas dari kedewasaan yang ditunjukkan oleh beberapa dari mereka yang menjadi juru bicara dan pimpinan kelompok dari berbagai elemen pendukung Surfenov-Parlin.

Turut hadir di lokasi KPU Siantar, baik di ruang jumpa pers maupun di sekitar lokasi KPU, memimpin langsung pengamanan, Kapolresta Pematang Siantar, AKBP Dodi Darjanto.

Pengamanan di lingkungan KPU Pematang Siantar pada pagi hingga sore hari dilakukan Satuan Tugas Pengamanan dari Polresta Pematang Siantar, didukung oleh Satuan Brimob Poldasu, dan unsur TNI.

Mengakhiri petang, massa pendukung Surfenov-Parlin membubarkan diri dengan tertib, setelah menyampaikan beberapa pernyataan bahwa para pendukung akan menempuh jalur hukum demi memperjuangkan paslon dukungan mereka. (AT/EM/ajvg)

Foto:

Ketua KPU Pematang Siantar, Mangasi Tua Purba SH, didampingi komisioner KPUD, saat menyampaikan putusan sehubungan pasangan Surfenov-Parlin, sebagai tindak lanjut Putusan DKPP RI, Jumat 27/11 (bataktoday/ajvg)

News Feed