oleh

PW AMAN Sumut Tugaskan Abdon Nababan untuk Pilgub 2018

Medan, BatakToday

Pengurus Wilayah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Sumatera Utara (PW AMAN Sumut) menugaskan Abdon Nababan menjadi bakal calon pada Pilkada Sumut 2018. Dalam surat AMAN Nomor 20/PW AMAN-SUMUT/V/2017, secara tegas PW AMAN Sumut menugaskan Abdon Nababan untuk bertarung sebagai calon gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023 mendatang.

Demikian relis berita yang diterima BatakToday, Rabu siang (07/06/2017) disebutkan, keputusan pencalonan Abdon ini didasarkan atas beberapa hal.

Pertama, pengembalian hak-hak atas tanah milik Masyarakat Adat di Sumatera Utara tidak terselesaikan sampai hari ini.

Kedua, Pemerintah Sumatera Utara sampai saat ini tidak pernah membuat peraturan-peraturan yang melindungi hak-hak Masyarakat Adat.

Ketiga, berbagai pembangunan yang dilakukan pemerintah, khususnya di wilayah adat Masyarakat Adat, tidak melibatkan Masyarakat Adat sebagai pemilik atas wilayahnya, dan yang keempat, bahwa para ‘mafia’ yang merampas hak Masyarakat Adat tidak pernah tersentuh hukum.

Disamping itu, terdapat ratusan kasus-kasus konflik agraria di Sumatera Utara yang belum diselesaikan hingga kini. Banyak diantaranya bermuara pada kriminalisasi pada Masyarakat Adat maupun petani yang berupaya memperjuangkan wilayahnya.

Dalam suratnya, PW AMAN Sumut memandang bahwa yang menjadi Gubernur Sumatera Utara untuk periode kedepan haruslah pemimpin yang paham dan berkomitmen untuk persoalan Hak-Hak Masyarakat Adat. Berangkat dari hal tersebut, Abdon Nababan yang merupakan Anggota Dewan AMAN Region Sumatera dipandang sebagi sosok yang tepat untuk memimpin Sumatera Utara kedepan.

Baca juga berita: Muswil AMAN Tano Batak II: “Abdon Nababan untuk Sumut 1”

Nantinya, jika terpilih menjadi Gubernur Sumut, Abdon diharapkan untuk menuntaskan beberapa hal persoalan Masyarakat Adat terkait reforma agraria. Diantaranya, mengembalikan Hak-Hak Masyarakat Adat, hutan, laut secara umum dan secara khusus mengembalikan hak-hak atas tanah milik ‘rakyat penunggu’.

Selain itu juga diharapkan untuk membuat peraturan-peraturan dan kebijakan yang berpihak kepada Masyarakat Adat. Melibatkan Masyarakat Adat dalam proses pembangunan yang dilakukan di wilayah adatnya. Memberantas mafia tanah, serta membersihkan dan memberhentikan para pejabat mulai dari tingkat Kecamatan, Kelurahan dan dinas-dinas yang tidak serius bekerja untuk masyarakat.

Seruan ini juga disampaikan kepada seluruh pimpinan daerah dan anggota AMAN di Sumatera Utara serta segenap pimpinan kampung dan anggota Badan Perjuangan Rakyat Penungu Indonesia (BPRPI), yang mendukung pencalonan bakal calon gubernur Sumut Abdon Nababan pada Pilkada 2018 di Sumatera Utara. (rel/ajvg)

News Feed