oleh

Randiman Tarigan: Kembalikan Marwah Kota Medan !

Medan, BatakToday-

Hari ketiga menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota, Randiman Tarigan impikan kota Medan bersih dan bebas dari sampah. Untuk itu aparatur pemerintah dari camat hingga kepala lingkungan diminta untuk tidak berpangku tangan saja, tetapi harus terlibat langsung dalam menangani sampah. Randiman juga memerintahkan camat dan lurah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik tanpa adanya pungutan liar, mendorong masyarakat untuk menanam pohon di pekarangan rumah masing-masing, serta mendata lampu jalan yang mati untuk segera ditangani oleh dinas berkenaan. Ia mengajak seluruh camat dan lurah bahu membahu untuk mengembalikan marwah Kota Medan.

Hal itu disampaikan Randiman di hadapan seluruh camat dan lurah se-Kota Medan pada pertemuan di pendopo rumah dinas wali kota Jalan Sudirman Medan, Kamis (8/10).

Menurut Randiman, saat ini kondisi kebersihan lingkungan cukup memprihatinkan. Keprihatinannya itu memuncak saat melintas di kawasan Jalan Kuswari pagi hari ini (8/10) sekitar pukul 07.30 wib sampah berserakan dan tak satu pun petugas kebersihan yang terlihat membersihkan jalan. Randiman yakin kondisi yang sama juga terjadi di kawasan lainnya. Ia optimis kondisi itu tidak lagi terlihat ke depan apabila camat dan lurah turun tangan langsung dan telah dilengkapi dengan sarana pendukung seperti mobil pick-up maupun becak bermotor pengangkut sampah.

 “Jadi kita bekerja harus dengan hati dan penuh keikhlasan. Sebagai contoh kota Balikpapan di Kalimantan Timur, sangat bersih. Jangankan sampah, mencari pasir di jalan saja sangat sulit. Itu terjadi karena aparatur pemerintah yang menangani kebersihan mau bekerja dengan hati. Ditambah lagi tingkat kesadaran masyarakatnya untuk hidup bersih sangat tinggi,” kata Randiman.

Randiman berjanji akan segera memerintahkan Dinas Kebersihan untuk bersinergi di lapangan dengan camat, lurah dan kepala lingkungan, sehingga persoalan sampah dapat diatasi. Setelah itu Randiman akan mendatangi satu persatu kecamatan maupun kelurahan, guna memastikan apakah camat dan lurah sudah turun membersihkan wilayahnya masing-masing.

“Saya tidak akan bilang, tiba-tiba saya sudah berada di wilayah saudara. Saya hanya mengingatkan saudara-saudara semua, saya akan lebih banyak di lapangan. Waktu saya hanya 3 jam saja di kantor, selebihnya saya akan turun langsung ke lapangan. Karena itu saya berharap pertemuan kita ini langsung diaplikasikan di lapangan!” tegasnya.

Penghijauan juga menurut Randiman sangat penting. Camat dan lurah diimbau mengajak warga menanam pohon di halaman masing-masing. Apabila seluruh warga melakukannya, Randiman optimis program Medan Go Green dapat terwujud. Jika anggaran untuk penyediaan bibit tanaman tidak ada, mantan  Kepala Seksi Reklame pada Dinas Pertamanan Kota Medan itu siap menyediakan bibit dengan uang pribadi.

Selanjutnya, Randiman meminta camat dan lurah untuk segera mendata lampu penerangan jalan yang mati di wilayahnya masing-masing. Dia minta data itu secepatnya disampaikan, sebab tidak sedikit jalan di Kota Medan yang gelap gulita akibat lampu penerangan jalannya mati. Kondisi itu menurut Randiman menyebabkan beberapa kawasan rentan aksi kriminal sehingga sangat meresahkan masyarakat. “Anggaran perawatan lampu jalan cukup besar, tentunya cukup untuk mengatasi lampu penerangan jalan yang mati,” paparnya.

Randiman juga mengingatkan camat dan lurah untuk tidak pernah sekalipun mempersulit warga dalam pengurusan administrasi kependudukan. Dia ingin camat dan lurah beserta seluruh jajarannya memberikan pelayanan terbaik kepada warga. “Jadi saya ingatkan, jangan pernah sekalipun mempersulit warga!” tegasnya.

Di penghujung arahannya, Randiman mengajak camat dan lurah untuk terus bekerja keras dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Meski jabatan yang diembannya masih dalam hitungan hari, Randiman ingin membuat wajah kota Medan segera berubah. Saat ini dia melihat Kota Medan sudah jauh tertinggal dari kota-kota lain di Indonesia, salah satunya Surabaya.

Padahal, lanjutnya, dulu Pemko Surabaya sempat studi banding dan berguru ke Pemko Medan untuk membangun kotanya. Sekarang Medan sudah jauh tertinggal. “Untuk itu saya mengajak seluruh camat dan lurah bahu membahu mengembalikan marwah Kota Medan. Jika kita semua mau dan terus menjalin kebersamaan, Insya Allah Kota Medan kembali bermarwah!” katanya. (AFR)

Keterangan foto:

Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan bersalaman dengan para camat dan lurah usai rapat koordinasi di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan.

News Feed