oleh

Relawan Bagi-bagikan “Penangkal” Politik Uang

Jakarta, BatakToday

Selain melakukan kampanye ‘door to door’ di pemukiman padat Jakarta, Relawan Pemburu Politik Uang dari Gerakan Relawan Independen Pilkada Bersih, kali ini melakukan aksi bagi-bagi stiker berisikan pesan-pesan perlawanan terhadap Politik Uang di sela-sela berlangsungnya program “Nyok Jalan-jalan Nyok” yang diselenggarakan Masyarakat Jakarta Maju dan Bersih, Senin (13/03/2017).

Kegiatan “Nyok Jalan-jalan Nyok” yang didominasi kaum ibu yang berasal dari berbagai pemukiman padat Jakarta, menambah semangat para Relawan Pemburu Politik Uang untuk menyampaikan pesan ‘Anti Politik Uang’ melalui stiker yang dibagikan. Hal ini mengingat kaum ibu dalam masyarakat marjinal selama ini menjadi sasaran empuk para ‘praktisi’ Politik Uang dalam berbagai hajatan demokrasi di Negeri ini.

Stiker Pemburu Politik Uang (ith)
Stiker Pemburu Politik Uang (ith)

Relawan Independen Pilkada Bersih akan melakukan aksi ini setiap hari, berbarengan dengan penyelenggaraan “Nyok Jalan-jalan Nyok” yang diikuti warga dari berbagai pemukiman padat Jakarta.

Di samping membagikan stiker, para relawan juga mensosialisasikan pendirian Posko Pemburu Politik Uang di pemukiman para peserta.

Hal ini mengingat target para relawan untuk mendirikan 2000 Posko Pemburu Politik Uang hingga beberapa hari menjelang penyelenggaraan pemungutan suara pada Pilkada DKI Putaran II.

Sabar Mangadu Tambunan dari Relawan Independen Gerakan Pilkada Bersih menyebutkan, setiap Posko berisi Relawan yang benar-benar militan dan rela berkorban.

“Dalam Demokrasi dimana Rakyat Berdaulat, maka rakyat dijamin maju dan sejahtera. Politik Uang dalam Pilkada menghabisi Daulat Rakyat! Bila itu kita biarkan, Demokrasi akhirnya menjadi alat bagi para elit jahat menindas rakyat dan merampok negara. Untuk melawan elit-elit jahat yang akan melakukan praktek politik uang, setiap Posko akan ditempati Relawan kita yang militan dan siap berkorban,” tegasnya.

Para peserta program Nyok Jalan-jalan Nyok, menjadi 'target' kampanye para Relawan Pemburu Politik Uang (rag)
Para peserta program Nyok Jalan-jalan Nyok, menjadi ‘target’ kampanye para Relawan Pemburu Politik Uang (rag)

Disebutkannya lagi, upaya melawan praktek Politik Uang yang dilakukan para Relawan bukan terbatas hanya untuk Pilkada DKI, melainkan juga untuk menebarkan semangat ke seluruh pelosok Negeri.

“Jakarta sampai hari ini harus kita akui masih sebagai pusat kebaikan maupun kejahatan. Dari sini kita akan berjuang, bukan hanya untuk Pilkada DKI, tapi sekaligus menebarkan semangat yang sama ke seluruh pelosok Negeri. Mari kita bersama-sama, kawal Demokrasi demi mendapatkan Pemimpin Bersih. Basmi Politik Uang, menjadi satu syarat untuk mendapatkan Pemimpin yang akan menyejahterakan rakyat,” tutur Sabar Mangadu tentang alasan para Relawan memburu pelaku Politik Uang dalam Pilkada DKI. (rag)

News Feed