oleh

Ritual Batak “Mangongkal Holi” akan Difilmkan

Balige, BatakToday –

Dalam waktu dekat, ritual Batak Mangongkal Holi akan diangkat dalam film layar lebar. Mengambil judul “Kuantar Ayah ke Surga”, Semangat Baru Production (SERU)  akan mengemas film genre drama komedi romantis itu dengan settingan kehidupan masyarakat kawasan Danau Toba. Suguhan visual keunikan budaya yang eksotik tersebut diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Demikian diutarakan produser Eka Kartika Wulandari saat melakukan  audiensi ke Pemerintah Kabupaten Toba Samosir yang diterima Wakil Bupati Hulman Sitorus di kantornya, Jumat (30/9/2016).

Eka menambahkan, keunikan masing-masing tokoh tentang arti persahabatan, cinta, serta kekuatan cerita dan dialog diharapkan menarik untuk ditonton.

Tulang belulang nenek moyang salah satu keluarga yang dibongkar dari makamnya dalam rangkaian ritual mangongkal holi. (gamaliel mikhael)
Tulang belulang nenek moyang salah satu keluarga yang dibongkar dari makamnya dalam rangkaian ritual mangongkal holi. (gamaliel mikhael)

“Inti dari cerita film ‘Kuantar Ayah ke Surga’ ini adalah untuk memberikan inspirasi serta motivasi untuk mencapai cita-cita membutuhkan kekuatan mental, keinginan yang kuat serta disiplin,” ujar Eka.

Wakil Bupati Hulman Sitorus menyambut baik dan mendukung rencana produksi film yang mengangkat budaya Batak tersebut.

“Saya akan memerintahkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tobasa untuk membantu secara maksimal dengan memberikan masukan-masukan, termasuk diskusi dengan tokoh adat maupun agama,” katanya.

Hadir dalam audiensi, Kabag Humas Albert Sidabutar dan perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tobasa, yakni Herkules Butarbutar, Lardika Malau, dan Christin Silaen.

Mangongkal holi adalah sebuah tradisi membongkar kembali tulang-belulang dan menempatkannya kembali ke suatu tempat, tepatnya ke sebuah tugu. Tradisi tersebut merupakan salah satu kekayaan kebudayaan masyarakat Batak Toba yang hingga saat ini masih dilestarikan. Mangongkal holi dilaksanakan dalam suatu rangkaian upacara ataupun ritual.

Belum ditemukan catatan mengenai awal mula upacara mangokkal holi ini. Namun secara tradisi diyakini bahwa upacara ini akan ada jika ternyata arwah dari salah seorang nenek moyang dalam satu keluarga datang kepada salah seorang anggota keluarga yang masih hidup, baik lewat mimpi ataupun lewat penglihatan, yang memohon agar tulang-belulangnya dipindahkan ke tempat yang lebih layak. (ajvg/rel)

News Feed