oleh

Samosir Music International Tobatak Festival 2017

Samosir, BatakToday

Pagelaran konser musik di Samosir, Danau Toba dengan melibatkan artis dari Eropa, telah berlangsung sebanyak dua kali, yaitu Agustus 2014 dan 2016 lalu. Dalam setiap pagelarannya, disamping melibatkan musisi dan artis Batak, juga selalu melibatkan beberapa artis dan musisi dari Eropa. Mereka ini mendendangkan lagu-lagu Batak.

Sebagaimana salah satu tujuan dari kegiatan konser adalah untuk mengutamakan musik dan lagu-lagu Batak. Kedua konser sebelumnya berhasil mendatangakan pengunjung yang sangat banyak, bahkan menurut masyarakat setempat, merupakan suatu pertunjukan yang paling ramai dikunjungi orang dari semua even yang sudah pernah diadakan di Samosir.

Tentu dengan hadirnya para pengunjung terutama dari luar Samosir, domestik bahkan mancanegara, membawa dampak positif terhadap tingkat kunjungan wisatawan ke Samosir dan otomatis berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat lokal.

Melihat hasil positif dari event tersebut, Pemkab Samosir lewat Dinas Pariwisata tetap menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan Henry Manik, dan menyatakan dukungan sepenuhnya terhadap kegiatan tersebut untuk ke depannya.

Sejak tahun 2014 Dinas Pariwisata Samosir telah melihat konser ini sebagai suatu kegiatan yang menarik dan mampu mendatangkan pengunjung, sehingga dari awal mereka telah menyatakan dukungannya. Event konser ini dimasukkan dalam kalender tahunan pariwisata seni budaya Kabupaten Samosir bernama Horas Samosir Fiesta.

Melihat manfaat serta dukungan dari Pemkab Samosir, dan animo masyarakat terhadap kegiatan tersebut, Henry Manik putra kelahiran Garoga Samosir, yang kini berdomisili di Belanda, semakin termotivasi untuk tetap memikirkan dan mengupayakan terselenggaranya event yang sama di kampung halamannya Samosir, pada 12 Agustus  2017 mendatang.

Event ini merupakan bagian kalender event tahunan Pemkab Samosir, Horas Samosir Fiesta, sebagaimana yang telah dilaunching baru-baru ini.

Sebagai langkah awal, Henry Manik pun kembali berkunjung ke Bona Pasogit, Samosir, untuk menelusuri dukungan-dukungan yang bisa dia dapatkan, disamping untuk berlibur dan bertemu dengan keluarganya di kampung halaman.

Untuk tahun ini, rencananya Henry Manik tetap akan melibatkan beberapa artis dari Eropa. Kemungkinan besar dari Austria dan Belanda, dan kemudian mengkolaborasikannya dengan beberapa artis Batak di Indonesia untuk mengumandangkan lagu-lagu Batak hasil gubahan mereka. Di samping itu, juga akan  tetap melibatkan para musisi dan artis yang berada di sekitar Danau Toba. (rel/ajvg)

News Feed