oleh

Sariaty Pardede: Bahen ma na Denggan, Asa Sude Marparsaulihonsa

Medan, BatakToday-

Ketua Umum Yayasan Perguruan Darma Agung/Institut Sains TD Pardede Sariaty Siregar Pardede melantik Dr Jaminuddin Marbun SH MHum menjadi Rektor Universitas Darma Agung periode 2015-2019 di hadapan jajaran anggota senat Universitas Darma Agung dan seluruh undangan di Ruang Senat, Rabu (21/10). Pelantikan dilaksanakan menyusul pemilihan rektor baru oleh sidang senat, Senin (19/10) yang lalu, pasca berakhirnya jabatan rektor sebelumnya, Prof Dr Binsar Panjaitan.

Menurut Sariaty, pendidikan memegang peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia, baik dalam aspek sosial, spiritual, intelektual maupun kemampuan profesional. Karena manusia merupakan kekuatan utama dalam pembangunan, maka dengan demikian mutu sistem pendidikan akan menentukan tingkat keberhasilan pembangunan.

“Universitas Darma Agung sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi ikut aktif dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, memberikan pengabdian terbaik demi kualitas sumber daya manusia, khususnya melalui tri dharma perguruan tinggi,” ujarnya.

Kepada rektor yang baru dimintanya agar bekerja, bekerja dan bekerja, dengan memberdayakan semua potensi yang ada dengan baik dan benar. “Pimpinlah Universitas Darma Agung ini dengan sebaik-baiknya. Ketika Bapak Ketua DR TD Pardede masih hidup dan masih memimpin yayasan, beliau pernah berpesan, ‘bahen ma na denggan, asa sude marparsaulihonsa’. Artinya, buatlah yang baik supaya semua menikmatinya. Pesan tersebut masih saya jalankan dalam memimpin yayasan ini,” ujarnya sembari meminta rektor yang baru agar tetap menjalin kerjasama dengan pihak-pihak di luar universitas.

Dalam sambutannya, Jaminuddin Marbun mengucapkan terimakasih kepada ketua yayasan dan menjadikan kepercayaan sebagai rektor sebagai amanah sekaligus tanggungjawab dalam ikut aktif mencerdaskan kehidupan bangsa.

Menurutnya, di era globalisasi ini pendidikan memiliki peran penting. Dengan ilmu pengetahuan, hidup manusia semakin mudah dan dengan seni hidup manusia semakin indah. Untuk mewujudkan hal itu, ia meminta dukungan dari semua pihak terutama pihak yayasan dan pemerintah.

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut yang diwakili Kepala Bidang Kelembagaan dan Informatika, Razali, menyampaikan selamat kepada rektor yang baru. Dikatakannya, tugas dosen harus menjadi guru besar, dengan jenjang yang jelas. Karena semakin banyak guru besar menjadi tolok ukur pengabdian pada masyarakat. Dia juga mengatakan semakin banyak alumni yang sukses menjadi promosi utama, bukan tampilan gedung atau promosi di media.

“Kepada rektor saya berharap agar bisa menjalin kerjasama yang terbuka dengan dekanat, serta mendorong semua mahasiswa, dosen dan pegawai untuk lebih baik,” ujarnya.

Pelantikan dihadiri oleh sesepuh Universitas Darma Agung Palti Raja Siregar, Rektor ISTP Janter Napitupulu MT, Wakil Rektor I UDA M Ansori Lubis SH MHum, Wakil Rektor II Drs Lamtama Lumbanraja MM, Wakil Rektor III Drs Parlindungan Marpaung MSi, seluruh anggota Senat Universitas Darma Agung, Rektor Universitas Quality Drs AP Tambunan MSi, Wakil Rektor III Universitas Pancabudi, serta undangan lainnya. (AFR)

Keterangan foto:

Ketua Umum YPDA/ISTP Sariaty Siregar Pardede, dan Palti Raja Siregar foto bersama dengan Rektor UDA Dr Jaminuddin Marbun SH MHum didampingi istri usai pelantikan di Ruang Senat Universitas Darma Agung Medan, Rabu (21/10).

News Feed