oleh

Sekum PGI Sumut: Natal Bukan untuk Pamer Kemewahan

Medan, BatakToday-

Perayaan Natal bukanlah untuk menunjukkan kemewahan atau untuk berpesta pora dengan menghabiskan biaya besar. Makna Natal yang sesungguhnya adalah bagaimana manusia mampu berbuat hal besar bagi yang kecil, bahkan bagi seluruh yang tinggal bumi.

Demikian rangkuman renungan Natal yang disampaikan Sekretaris Umum PGI Sumut Pdt Enida Girsang pada perayaan ‘Menyongsong Advent-Natal Parompuan HKBP Resort Medan Kota’, di Gereja HKBP Uskup Agung Sugiopranoto, Jumat (4/12) malam.

Kisah kelahiran Yesus yang memilih lahir di kandang domba, merupakan tempat yang hina bahkan sang gembala tidak dianggap dalam daftar sensus penduduk. Namun hingga akhir zaman pun, para kaum gembala menjadi saksi keselamatan itu.

“Natal bukan memperlihatkan baju indah kita, tetapi adalah memberikan baju indah kepada mereka yang tidak penah mengenakan baju. Perbuatlah hal besar bagi yang kecil,” ujarnya mengutip nats kotbah dari Lukas 1:26-28.

Lewat aplikasi tersebut, terang Pdt Enida, maka akan digenapi tema Natal, “Hidup bersama sebagai keluarga Allah” (Kej 9:16). Sebab, yang disebut sebagai keluarga Allah adalah mereka yang mau melakukan perintah Allah, dengan mengasihi sesamanya dan lingkungannya.

Pdt Enida juga mengajak jemaat yang hadir agar mencintai lingkungan. Manusia tidak bisa hidup sendiri di muka bumi ini, melainkan harus hidup bersama tumbuhan, hewan dan manusia lainnya.

“Firman Tuhan mengatakan, taklukkanlah bumi dan segala isinya. Bukan berarti dengan sewenang-wenang, namun harus mampu mengelolanya dengan baik untuk bisa hidup bersama,” ujarnya.

Perayaan Natal diisi liturgi, lagu pujian, dan fragmen profesi yang diperankan kaum ibu.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Ny Purba/Pinondang br Nababan menyampaikan, perayaan dirangkai dengan pemberian bingkisan Natal kepada anak yatim dari Panti Asuhan Betlehem.

“Kami berterimakasih atas bimbingan pendeta resort amang Pdt Sondang Hutahaean yang senantiasa memberikan bimbingan dan arahan sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan ini,” katanya.

Harapannya, para kaum ibu (parompuan) bisa memaknai perannya di tengah keluarga sebagaimana sub tema Natal ‘Dengan semangat menyongsong Natal, parompuan resort Medan Kota hidup rukun dan damai di tengah-tengah keluarga dan masyarakat majemuk’.

Turut hadir, Washington Pane, Ketua Parompuan Resort Ny dr A Nababan/dr F Siregar, para pendeta, dan undangan lainnya. (AFR)

Foto: Sekum PGI Sumut Pdt Enida Girsang didampingi Ketua Panitia Ny Purba/Pinondang Nababan dan panitia lainnya, foto bersama dengan anak-anak dari Panti Asuhan Betlehem usai penyerahan bingkisan Natal pada perayaan Natal Parompuan HKBP Resort Medan Kota, di Gereja HKBP Uskup Agung Sugiopranoto, Jumat (4/12) malam. (bataktoday/afr)

News Feed