oleh

Selamat Datang Badan Otorita Danau Toba

Oleh: Agustinov Tampubolon –

Kawasan Danau Toba sebagai ciptaan Yang Esa berikut alam yang menemaninya menjadi karya maha besar bagi masyarakat Batak. Keberadaannya telah menghidupi masyarakat Batak sejak dulu kala. Bentangan air biru, ikan, alam hijau, serta tatanan budaya menjadi kekayaan yang tak akan habis. Kerinduan untuk menjaga kawasan ini senantiasa lahir dalam berbagai bentuk, dari generasi ke generasi, dan akan terus berlangsung. Dan Danau Toba akan memperkenalkan Indonesia ke lain-lain bangsa.

Gelora untuk menjaga dan memproduktifkan kawasan ini tidak datang dari lokal saja, namun Nusantara, bakan mancanegara. Rencana pembentukan Badan Otorita Danau Toba, dan alokasi dana puluhan triliun, menjadi bukti bahwa pemerintah pusat telah memberi perhatian khusus padanya. Walaupun yang tak kalah pentingnya untuk dicermati, terkait pemanfaatan dana serta dampaknya bagi masyarakat kawasan.

Tentulah masyarakat sangat menunggu rencana besar yang akan dilakukan dan yang akan terjadi terhadap kawasan Danau Toba dengan kehadiran badan otorita ini kelak.

Menjaga nilai-nilai yang dimiliki kawasan ini, seperti nilai budaya, alam, kehidupan sosial, dan ekonomi, menjadi sebuah keharusan bagi masyarakat kawasan serta pemerintah. Badan otorita harus diberi amanah untuk menjaga nilai-nilai tersebut. Masyarakat Batak akan dengan bangga dan dengan tangan terbuka menyambut kehadiran badan ini jika nilai-nilai tersebut diperhatikan dan berdampak secara holistik bagi masyarakat Batak secara khusus dan Indonesia secara umum. Dengan demikian, tidak terjadi pergeseran budaya, tidak tegerusnya alam, terciptanya kehidupan sosial yang harmonis, dan peningkatan ekonomi bagi seluruh masyarakat di sekeliling kawasan.

Masyarakat Batak secara khusus haruslah berbuat dengan kehadiran Badan Otorita ini kelak, dalam mewujudkan kawasan pariwisata sejahtera. Masyarakat harus menyediakan something to see, something to buy, something to do  bagi wisatawan. Salam Bumi. (***)

Penulis adalah penggiat Touring Off Road D Samosir, tinggal di Medan.

News Feed