Sema Unimed Umumkan 10 Besar Lomba Esai Pelajar Se-Indonesia

Sema Unimed Umumkan 10 Besar Lomba Esai Pelajar Se-Indonesia

295
Lomba Menulis Esai Nasional (ist)

Medan, BatakToday

Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Sema Unimed) resmi mengumumkan pemenang Lomba menulis esai untuk pelajar Indonesia, Kamis (01/02). Lomba tersebut mengharuskan seluruh peserta menulis esai dengan tema “Ideku untuk Indonesiaku”.

Ketua panitia pelaksana, Suwandonadi, mengatakan bahwa Sema Unimed menerima total 224 naskah esai dari 203 siswa. Lebih lanjut, Suwandonadi menjelaskan bahwa terdapat 21 siswa yang mengirim lebih dari karya.

“Kami menerima 224 naskah dari 203 siswa dari seluruh Indonesia. 21 peserta mengirimkan dua atau tiga karya”, papar Suwandonadi.

Lomba Esai Nasional ini dimulai sejak awal November 2017 dan berakhir pada 15 Januari 2018 silam.

Setelah melalui proses penjurian, panitia pelaksana mengumumkan 10 besar lomba esai pelajar se-Indonesia serta The Most Favorit School – sekolah dengan delegasi terbanyak.

Siswi SMAN 1 Denpasar, Komang Andjani Putri, dinobatkan sebagai juara pertama. Sementara itu, siswa MAN 1 Tasikmalaya, Arif Muhammad Iqbal, berada di posisi kedua. Kemudian diikuti siswa SMAN 1 Ponorogo, Galih Puji Kurniawan, diposisi selanjutnya.

Tujuh peserta selanjutnya adalah Gilbert dari SMA Katolik Rajawali, Ranti Ninda Kartika dari SMAN 1 Badegan, Marenthina dari SMAN 1 Bangil, Eka Notasya S. dari SMAN 1 Baktiraja, Miranda Lutfi Nasution dari SMAN 11 Medan, Devi Erlindhea Fitri dari SMAN 2 Ponorogo, dan Dimas Qatrunnada dari SMA Harapan Mandiri Medan.

Selain 10 besar, panitia pelaksana juga mengumumkan sekolah dengan delegasi terbanyak. SMA Methodist 2 Medan menjadi The Most Favorit School dengan total 61 delegasi yang mengirimkan karya kepada panitia pelaksana.

Panitia pelaksana, melalui Suwandonadi, mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh sekolah di Indonesia dalam kompetisi tersebut. Kedepannya, Ia berharap pelajar Indonesia semakin aktif menulis untuk menunjukkan karya dan kreativitasnya kepada khalayak.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh sekolah, khususnya SMA Methodist 2 Medan, karena telah berpartisipasi dalam kompetisi menulis yang kami selenggarakan. Kepada pemenang kami ucapkan selamat, dan yang belum menang, semoga bisa menorehkan prestasi di lain waktu”, kata Suwandonadi.

Panitia pelaksana juga turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung.

“Kami juga ucapkan terima kasih kami untuk seluruh pihak yang mendukung kami. Tanpa mereka, kami akan kesulitan untuk mewujudkan kompetisi ini. Mereka adalah Himpunan Muda-mudi Baktiraja di Medan (HIMBAKTIMAS), Parsadaan Toga Manalu Boru Bere USU (PTMBB-USU), UKMKP Unimed, IFRS Unimed, STIE LMII Medan, serta beberapa media daring”, sebut Suwandonadi selaku ketua panitia. (rel/ajvg)