oleh

Sepeninggal PKL, Pemko Medan Tata Kawasan Jalan Sutomo

Medan, BatakToday

Kawasan Jalan Sutomo Medan kini mulai ditata, pasca penertiban pedagang yang dilakukan di kawasan ini. Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution melakukan peninjauan sebagai tindaklanjut penertiban yang telah dilakukan, Senin malam (22/3).

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait melakukan penataan setelah tim gabungan berhasil mensterilkan kawasan tersebut dari pedagang kaki lima. Pasalnya, kehadiran para pedagang selama ini telah merubah wajah Jalan Sutomo dan sekitarnya menjadi kumuh, infrastruktur jalan rusak, drainase tersumbat, sampah berserakan dan lampu jalan pun berpadaman.

Peninjauan dilakukan setelah tim gabungan dipimpin Asisten Pemerintahan Setdakot Medan, Musadat Nasution menggelar apel di Jalan Sutomo Medan, persisnya depan Kantor PD Pasar. Didampingi sejumlah pimpinan SKPD, Akhyar dengan berjalan kaki langsung meninjau kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya. Penataan dipusatkan di seputaran Jalan Veteran, terutama bekas stasiun  angkutan kota persisnya di belakang Medan Mall.

Dua unit alat berat milik Dinas Bina Marga jenis backhoe-loader diturunkan untuk membersihkan sampah. Saking banyaknya sampah, baru setengah jam pembersihan dilakukan, sudah 12 truk berisi sampah yang terkumpul. Selanjutnya, seluruh sampah dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun.

Selain membersihkan sampah, tim juga mengorek drainase untuk membersihkannya dari sumbatan sampah. Sebab, seluruh drainase yang ada tersumbat akibat ulah para pedagang  membuang sampah sisa dagangan sembarangan. Pengorekan tidak lama dilakukan, sebab kawasan itu gelap karena lampu jalan berpadaman. Kondisi itu membuat Wakil Wali Kota tampak kesal, sebab sebelum penataan dilakukan siang harinya telah dilakukan rapat dan masing-masing SKPD menyatakan siap menjalankan tugas sesuai tupoksinya amsing-masing.

Kadis Pertamanan, Zulkifli Sitepu yang bertanggungjawab dengan masalah penerangan tidak berada di tempat.  Yang ada hanya beberapa petugas Dinas Pertamanan yang tengah sibuk memperbaiki lampu jalan. Padahal ketika rapat berlangsung, Kadis Pertamanan telah berjanji pada saat penataan dilakukan, kawasan yang menjadi objek penataan dipastikan sudah terang benderang. Lantaran kurangnya penerangan, pengorekan pun dihentikan. Alhasil, penataan hanya difokuskan untuk membersihkan sampah.

“Kita ingin mengembalikan fungsi  kawasan ini (Jalan Sutomo & sekitarnya) menjadi lokasi pertokoan yang bersih, aman, nyaman dan asri. Untuk itu saya minta kepada SKPD terkait bertanggungjawab penuh sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Saya yakin dengan kebersamaan, insya Allah kita bisa mewujudkannya,” kata Akhyar.

Didampingi Asisten Pemerintahan, Musadat Nasution, Akhyar mengatakan Pemko Medan ingin memfungsikan kembali Terminal Angkot Jalan Veteran. Keberadaan terminal selama ini tergerus kehadiran para pedagang kaki lima. Untuk sementara setelah dilakukan pembersihan, kawasan itu akan dijadikan lokasi apel gabungan.

Usai dilakukan pembersihan, Akhyar bilang penataan akan dilanjutkan dengan mengaspal kembali infrastruktur jalan yang rusak dengan hotmix. Selain melancarkan arus lalu-lintas, pengaspalan ini tentunya akan membuat masyarakat pengguna jalan akan merasa lebih aman dan nyaman saat melintasi kawasan tersebut.

Namun sayang keinginan Wali Wali Kota untuk mempercepat penataan kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya sepertinya kurang mendapat dukungan penuh dari pimpinan SKPD. Hanya Kasatpol PP, M Sofyan, Kadis Perhubungan, Renward Parapat dan Kadis Kebersihan, Endar Sutan Lubis yang tetap di lokasi.

Sementara itu berdasarkan pantauan di lapangan, masuki hari keenam, penertiban dan pemblokiran terus dilakukan tim gabungan. Sebagian besar tim gabungan difokuskan memblokir Jalan Sutomo dan sekitarnya, termasuk Jalan Perjuangan dan Jalan Rakyat. Sedangkan sisanya siaga di depan Kantor PD Pasar, beserta aparat TNI dan Polri. Pemblokiran ini dilakukan sampai menjelang pagi untuk mencegah para pedagang masuk untuk melakukan aktifitas jual-beli. (AFR)

Foto:

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, saat turun langsung meninjau penataan Kawasan Jalan Sutomo sepeninggal pedagang kaki lima, Medan, Senin malam 22/3/2016 (afr/bataktoday)

News Feed