oleh

Siantar Hebat, Tutup Jalan di Pusat Kota tanpa Pengaturan

Pematangsiantar, BatakToday

Keadaan lalu lintas di Jalan Sudirman, menjelang pertigaan Jalan H Adam Malik, persis setelah melewati Mapolresta Pematangsiantar jika datang dari arah Simpang Empat, Pematangsiantar, ‘sedikit’mengalami kekacauan, akibat penutupan seluruh jalur melintang jalan tersebut, Minggu pagi (16/4/2017) sekitar pukul 05.20 Wib.

Lalu lintas pada pagi ini yang melintas di lokasi tersebut cukup ramai. Dugaan sementara, berhubungan dengan hari libur Nasional, yaitu Perayaan Paskah yang tepat jatuh pada hari ini.

Namun penutupan jalan Sudirman pada titik tersebut tidak dibarengi dengan rekayasa/pengaturan lalu lintas. Saat BatakToday melakukan pengecekan ke ‘bundaran’ Simpang Empat, Jalan Gereja, tidak terlihat ada rambu temporer maupun petugas untuk mengalihkan kendaraan yang menuju titik tersebut. Demikian juga halnya di pertigaan Jalan Sudirman, di depan Maporesta Siantar, tidak terlihat ada rambu maupun petugas yang mengatur lalu lintas akibat penutupan jalan, sehingga kendaraan yang menuju titik jalan yang ditutup harus memutar kembali kendaraannya sesaat setelah melihat adanya penutupan jalan.

Kendaraan harus memutar balik menjelang titik jalan yang ditutup (bataktoday/ajvg)
Kendaraan harus memutar balik menjelang titik jalan yang ditutup (bataktoday/ajvg)

Ketika BatakToday yang melintas pada pagi ini mencoba menyampaikan informasi dan keluhan sehubungan keadaan ini, tidak seorang petugas pun di Mapolresta Siantar yang mengaku sebagai penanggungjawab, maupun yang mengambil tindakan untuk sedemikian rupa mengatur lalu lintas di sekitar tempat tersebut.

Ketika BatakToday mencoba menghubungi Kapolresta Siantar, AKBP Dodi Darjanto, lewat telepon, terdengar bahwa nomor itu sedang tidak aktif, kemungkinan karena masih terlalu pagi. Informasi yang dikirimkan via pesan singkat akhirnya ditanggapi Kapolres tak lama kemudian, sekitar pukul 06.30 Wib, melalui panggilan telepon. Selanjutnya Kapolres mengatakan akan langsung mengkoordinasikan dengan anggotanya.

Dari penelusuran singkat kemudian diketahui, penutupan jalan yang dilakukan berhubungan dengan penyelenggaraan Road Race memperebutkan Piala Walikota, yang menjadikan kawasan Lapangan H Adam. Malik sebagai sirkuit ‘temporer’. Road Race ini rencananya, dari spanduk publikasi yang terpampang di salah satu sudut lapangan, akan berlangsung hari ini,  Minggu (16/4) sejak pukul 08.00 Wib. (ajvg)

News Feed