Siantar-Parapat Lancar, Anak Muda Saja Kadang Banyak Gaya!

Siantar-Parapat Lancar, Anak Muda Saja Kadang Banyak Gaya!

1521
Sepeda motor yang dikendarai anak-anak muda ketika baru menabrak mobil dinas TNI AL, Aek Nauli, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)

Parapat, BatakToday

Lalu lintas di ruas jalan Pematangsiantar-Parapat pada hari ke-3 Liburan Lebaran tahun ini cukup lancar. Sejak pagi hingga lewat tengah hari, meski arus kendaraan cukup besar, namun tidak ada kendala yang cukup berarti, Selasa (27/6/2017).

Setelah memantau lalu lintas di batas kota Siantar arah ke Parapat sejak pagi hari, BatakToday mencoba melintasi jalur Siantar-Parapat. Dengan kecepatan di sekitar 40-60 km per jam, perjalanan sangat lancar sejak berangkat dari Siantar hingga tiba di Jalan Besar Parapat, Jalan Sisingamangaraja. Total waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit, termasuk berhenti untuk memantau di beberapa titik, arus lalu lintas.

Di Kawasan Harangan Ganjang, Desa Pondok Bulu, lalu lintas lancar, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)
Di Kawasan Harangan Ganjang, Desa Pondok Bulu, lalu lintas lancar, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)

Di perkebunan sawit antara Siantar dengan Balata terlihat beberapa rombongan beristirahat di bawah keteduhan pohon sawit, sebagian terlihat sambil menikmati makan siangnya.

Demikian juga di kawasan Pusat Penelitian Kehutanan Aek Nauli, terlihat kelompok warga berteduh sambil lesehan menikmati makan siang.

Sejumlah warga yang sedang menjalani libur Lebaran bersantai di bawah pepohonan, Kawasan Pusat Penelitian Kehutanan Aek Nauli, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)
Sejumlah warga yang sedang menjalani libur Lebaran bersantai di bawah pepohonan, Kawasan Pusat Penelitian Kehutanan Aek Nauli, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)

Sayang, di jalan yang melewati Pusat Penelitian Kehutanan Aek Nauli terjadi sedikit insiden kecelakaan yang hampir saja makan korban. Pengendara sepeda motor yang terlihat ugal-ugalan menimbulkan tabrakan beruntun, yang untung saja tidak berakibat fatal.

Sepeda motor yang tidak hati-hati ini menabrak minibus berplat dinas Angkatan Laut yang berjalan pelan karena adanya mobil lain di depannya yang akan berbelok ke arah kompleks Penelitian Kehutanan. Terjadi tabrakan beruntun, sepeda motor yang datang dari belakang kemudian juga menabrak sepeda motor yang pertama.

Lalu lintas di kawasan Aek Nauli lancar, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)
Lalu lintas di kawasan Aek Nauli lancar, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)

Penumpang di dalam minibus, mengaku anggota TNI AL dari Belawan yang bersama teman dan keluarganya sempat sedikit naik darah. Dengan jengkelnya dia mengatakan, serba salah menghadapi anak muda yang ugal-ugalan di jalan apalagi suasana Lebaran.

“Beginilah bang anak-anak muda ini, ugal-ugalan di jalan, banyak kali gaya. Kalau ada apa-apa, kalau mereka celaka, kita jadi ikut repot. Kita marahi, ini masih Lebaran. Apalagi prajurit seperti kita ini, serba salah. Kalau tidak ingat kita prajurit, dan ini mobil dinas, sudah kena tempeleng kawan kita ini (pengendara sepedamotor yang menabrak,-red.). Sudah tau jalanan ramai, ini kan jalan cukup lurus, mereka tidak cukup hati-hati, tak lihat orang jalan pelan, gayanya aja yang banyak” ujarnya menunjukkan rasa kesalnya kepada anak muda yang menabraknya dari belakang.

Pengendara sepedamotor tidak memikirkan bahaya, 'menggoda' monyet yang ada di tepi jalan Siantar-Parapat, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)
Pengendara sepedamotor tidak memikirkan bahaya, ‘menggoda’ monyet yang ada di tepi jalan Siantar-Parapat, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)

Setelah memeriksa bagian belakang kendaraan dinas yang dibawanya, dan ternyata ‘hanya’ rusak ringan, akhirnya dia terlihat lega dan sekaligus minta tidak ditunjukkan nomor plat mobil dinas yang dibawanya dalam pemberitaan.

“Seperti ini, suruh perbaiki sama dia tanggung pula kerusakannya. Makin repot pula lagi, jadi ketahuan ke kantor. Rusak ringan begini, sudahlah, kita urus sendirilah. Lain kali hati-hati dek, apalagi ramai begini!” ujarnya, dan kemudian menyuruh si penabrak untuk segera pergi.

Parkir kendaraan di Kawasan Pantai Bebas, Parapat, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)
Parkir kendaraan di Kawasan Pantai Bebas, Parapat, Selasa 27/6/2017 (bataktoday/ajvg)

Dari amatan BatakToday di sepanjang perjalanan, terutama dari Aek Nauli ke Kota Parapat, beberapa pengendara sepeda motor terlihat ‘sedikit’ kurang tertib. Di kawasan Sibaganding, kadang pesepedamotor mengambil jalan melewati garis tengah, untuk ‘menggoda’ monyet yang biasa ‘mangkal’ di tepi jalan.

Pusat kota Parapat terlihat ramai pengunjung, namun parkir kendaraan tidak sampai menghambat lalu lintas. Hingga berita ini diturunkan, sekitar pukul 14.45 Wib, tidak terlihat hal yang menghambat kelancaran lalu lintas di Jalan Besar memasuki kota Parapat dari arah Pematangsiantar. (ajvg)