oleh

Siantar Siapkan Pos Pelayanan untuk Pemudik

Pematangsiantar, BatakToday

Pejabat sementara (Pjs) Hubungan Masyarakat Kepolisian Resort Kota Pematangsiantar, AKP Matius Barus mengatakan, menjelang libur Natal dan Tahun Baru kota Siantar bakal dilintasi para pemudik, menuju kabupaten Simalungun serta kawasan Tapanuli.

Untuk pengamanan dan kelancaran lalu lintas, serta kenyamanan para pemudik, Polresta Siantar mengerahkan sebanyak 800 orang personil Polri/TNI/Satpol PP serta instansi lainnya, termasuk tenaga kesehatan. Sebanyak 300 orang diantaranya akan ditempatkan di 3 Pos Pengamanan (Pospam), dan 1 Pos Pelayanan (Posyan).

“Pospam I terletak di jalan Sisingamangaraja, sekitar eks terminal Sukadame. Pospam  II di jalan Sutomo, depan Ramayana, dan Pospam III di jalan Parapat , Simpang Dua. Khusus Posyan kita bangun di jalan Merdeka, tepatnya di halaman parkir bus pariwisata,” kata Matius Barus saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/12) sekitar pukul 13.00 Wib.

Matius berharap kepada para pemudik yang melintasi kota Siantar, agar mematuhi peraturan lalu lintas. Bagi pemudik yang  mendapat gangguan kemanan di jalan, disarankan segera melapor ke Pospam.

“Tim di Pospam nanti akan rutin menggelar patroli di setiap ruas jalan. Tujuannya mencegah adanya tindakan perbuatan melawan hukum kepada para pemudik maupun masyarakat,” ungkapnya.

Kemudian pemudik yang kelelahan saat mengemudi, dihimbau untuk berisitirahat di Pos Pelayanan, jalan Merdeka atau tepatnnya di halaman lapangan parkir bus Pariwisata.

“Manfaat beristirahat di Posyan, pemudik bisa memulihkan kembali stamina sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan. Di situ para pemudik yang singgah bisa konsultasi fisik kepada petugas dari Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, operasi Lilin tahun 206 akan dimulai pada hari Jumat 23 Desember. Dia menegaskan kesiapan pihaknya dalam mengamankan perayaan Natal, dan Tahun Baru 2017.

“Operasi Lilin berakhir awal bulan Januari 2017. Jadi, pada saat arus balik, pemudik masih mendapat pegamanan dan pelayanan. Artinya, tim Operasi Lilin siap memberikan pengamanan dan pelayanan selama perayaan hari Natal, dan Tahun Baru 2017,” tutupnya. (EM)

News Feed