Siantar-Sp.Dolok Merangir Macet Berat, “Lomba Jugul, Makin Macetlah…!”

Siantar-Sp.Dolok Merangir Macet Berat, “Lomba Jugul, Makin Macetlah…!”

2744
Kemacetan diperparah oleh ketidakdisiplinan pengendara yang menyalip dari bahu jalan, Simpang Dolok Ulu, Senin petang 26/6/2017 (bataktoday/ajvg)

Simpang Dolok Ulu, Batak Today

Lebaran hari kedua, jalan raya lebih ramai dari sehari sebelumnya. Ruas jalan Pematangsiantar-Sp.Dolok Merangir mengalami macet berat. Volume lalu lintas yang semakin meningkat, ditambah dengan ketidakdisiplinan pengguna lalulintas memperparah keadaan, Senin petang (26/6/2017), sekitar pukul 18.00 Wib.

BatakToday yang memantau di Simpang Dolok Ulu, kurang lebih 2 km dari Sinaksak arah ke Medan, di Kecamatan Tapian Dolok, sejak pukul 16.00 Wib sudah melihat gejala akan terjadinya kemacetan parah.

Kemacetan terjadi pada dua jalur Jalan Siantar-Sp. Dolok Merangir (bataktoday/ajvg)
Kemacetan terjadi pada dua jalur Jalan Siantar-Sp. Dolok Merangir (bataktoday/ajvg)

Salah satu pengemudi yang akhirnya terjebak kemacetan di Simpang Dolok Ulu, dengan kesal mengeluhkan ketidakdisiplinan dan ketidaksabaran pengendara, yang menyalip dari bahu jalan, sehingga pada titik tertentu akan memperparah kemacetan.

“Inilah bang, lomba jugulnya pula kita ini, mau cepat sendiri, tapi akhirnya semua jadi lambat,” keluhnya, dan menyebut tujuannya dari Siantar mau kembali ke Tebing Tinggi.

Sejumlah kendaraan, terutama minibus, mencoba mendahului kendaraan di depannya melalui bahu jalan. Keadaan kurang lebih sama baik dari arah Medan ke Siantar, atau sebaliknya.

Dalam kemacetan, salah satu mobil kanvas membuka pintu sampingnya (bataktoday/ajvg)
Dalam kemacetan, salah satu mobil kanvas membuka pintu sampingnya (bataktoday/ajvg)

Beberapa pengemudi akhirnya menepi, terutama pengguna pengendara sepedamotor yang terdiri dari kaum muda yang berpasang-pasangan, dan memarkir sepedamotornya di bawah pohon karet di areal perkebunan Bridgestone.

Pengemudi yang datang dari arah Medan menyebutkan, dia mengalami kemacetan sejak dari Simpang Dolok Merangir, sekitar 21 km dari kota Pematangsiantar.

Hingga berita ini diturunkan, sekitar pukul 18.35 Wib, langsung dari Simpang Dolok Ulu, kemacetan masih tetap berlangsung. Di lokasi BatakToday memantau tidak terlihat ada petugas kepolisian yang melintas, baik dari arah Simpang Dolok Merangir, maupun dari arah Sinaksak. (ajvg)