oleh

Sisi Lain TMMD Ke-97: “Pak Tentara, Aku Mau Jadi Prajurit TNI”

Haranggaol, BatakToday

Selain danau dan Prajurit TNI bersama warga yang bergotong royong, terdapat pemandangan lain dalam pelaksanaan pembukaan jalan baru di wilayah  Kecamatan Haranggaol Horisan oleh Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 Tahun 2016, di Kabupaten Simalungun. Setiap pulang sekolah, anak-anak yang duduk di bangku SD menyaksikan para prajurit bekerja keras melaksanakan tugasnya.

Sepertinya kehadiran prajurit TNI menjadi sesuatu yang menarik bagi mereka. Kemana Prajurit TNI melangkah, dengan kepolosan dan keluguannya, anak-anak SD yang baru pulang dari sekolah, mengerubungi para prajurit.

Saat bersenda gurau dengan anak-anak, para prajurit mencoba melontar beberapa pertanyaan ‘iseng’, tentang cita-cita mereka kalau sudah besar. Awalnya Prajurit TNI bertanya kepada seorang anak, dan jawabannya si anak ingin menjadi tentara.

Penasaran, ingin tahu cita-cita anak yang lain, prajurit memberikan pertanyaan yang sama kepada beberapa anak. Ternyata jawabannya sama, menjadi tentara. Sampai semua anak yang bercengkerama dengan prajurit, ditanya, jawabannya semua mengatakan ingin menjadi tentara.

Ditanya alasan anak-anak yang ingin jadi tentara setelah ‘besar’ nanti, mereka menjawab ingin menjadi seperti ‘bapak’ tentara, karena ‘bapak’ tentara membantu semua orang.

Para prajurit tentunya berharap, tunas-tunas bangsa ini  akan berkembang dan bertumbuh menjadi anak yang hebat, serta punya rasa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi terhadap bangsanya. Dan juga, tidak terparuh oleh derasnya kemajuan teknologi dan informasi yang membawa pengaruh negatif bagi mereka.

Ketika BatakToday menyampaikan perihal ‘keluguan’ dan ‘kepolosan’ anak-anak di Kelurahan Haranggaol ini kepada Rudy S, pelanggan Kedai Kopi H di bilangan Jalan Kartini Pematangsiantar, yang juga putera purnawirawan TNI, dia memberi komentar yang tidak kalah ‘lugu’nya.

“Kalau semua jadi tentara, siapa yang jaga kedai ini nanti?” ujarnya sembari tertawa. (rel/ajvg)

News Feed