Siti Nurbaya: Hutan Adat untuk Kebaikan Bangsa

Siti Nurbaya: Hutan Adat untuk Kebaikan Bangsa

570
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, dalam pertemuan persiapan Rakernis Nasional Hutan Adat, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat 13/01/2018 (Sumber foto: Fb/Siti Nurbaya Bakar)

Jakarta, BatakToday

Menjelang penyelenggaraan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Nasional Hutan Adat pada 23-25 Januari 2018 mendatang, Direktorat Penanganan Konflik Tenurial, Ditjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan pertemuan persiapan, dengan sejumlah kepala daerah dan perwakilan pemerintah daerah di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Sabtu (13/01/2018).

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menyebutkan, Rakernis Nasional Hutan Adat nanti adalah sebagai tindaklanjut arahan Presiden Joko Widodo untuk aktualisasi dari pengakuan terhadap eksistensi hutan adat.

“Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden untuk aktualisasi resminya pengakuan hutan adat oleh Negara yang sudah dideklarasikan, serta pertemuan masyarakat dalam rangka hutan adat dan hutan desa dengan Bapak Presiden tanggal 25 Oktober 2017, maka direncanakan akan digelar Rakernis Nasional (Hutan Adat,-red.) tanggal 23-25 Januari 2018 mendatang,” sebutnya melalui laman resminya.

Baca juga berita: Presiden Jokowi Serahkan Surat Pengakuan Hutan Adat Pandumaan Sipituhuta Humbahas

Siti Nurbaya bersama-sama 16 Pemprov dan 45 Pemkab yang dihadiri oleh Wakil Gubernur, Sekprov, Bupati/Wabup, serta Dekan sejumlah Fakultas Kehutanan dan beberapa aktivis Nasional, melakukan diskusi persiapan untuk analisis peta usulan Badan Registrasi Wilayah Adat (BRWA) hasil pemetaan partisipatif (participatory mapping). Ini dilakukan agar saat Rakernis Nasional, pendalaman untuk analisis masing-masing kawasan secara rinci menjadi lebih lancar.

Dalam diskusi diserahkan dokumen participatory mapping yang sudah dianalisis overlay kawasan hutan oleh Dirjen-dirjen KLHK terkait, juga masukan dari daerah, serta identifikasi bersama untuk fact sheet yang akan melengkapi informasi spasial usulan-usulan hutan adat.

Siti Nurbaya menyampaikan apresiasi atas kehadiran semua pihak, serta mengharapkan hasil yang membawa kebaikan untuk bangsa ini.

“Terima kasih atas kesediaan yang hadir. Semoga pekerjaan ini dapat membawa kebaikan bagi Bangsa Indonesia,” sebutnya melalui laman Facebook resminya.

Sumber: Laman Facebook Siti Nurbaya Bakar

Editor: Arif JV Girsang