oleh

Struktur Membengkak, DPRD Labuhanbatu Setujui Ranperda Susunan Perangkat Daerah

.

Rantauprapat, BatakToday –

Setelah mendengarkan pendapat akhir delapan fraksi, Ketua DPRD Labuhanbatu Dahlan Bukhari selaku pimpinan sidang mengetok palu menandai persetujuan DPRD atas Ranperda Tentang Rancangan Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Labuhanbatu menjadi Perda pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Jumat (9/9/2016) di Ruang Rapat Paripurna DPRD.

Persetujuan Ranperda menjadi Perda tersebut ditandai dengan penandatanganan persetujuan bersama antara Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap dengan Ketua DPRD Labuhanbatu Dahlan Bukhari disaksikan para Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu.

Dalam sambutannya Bupati mengungkapkan, persetujuan Ranperda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Labuhanbatu menjadi salah satu tahapan reformasi birokarasi penyelenggaraan pemerintah, sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah  Nomor 18 tahun 2016.

“Langkah selanjutnya akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mendapatkan evaluasi,” kata Pangonal.

Ranperda Tentang Rancangan Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Labuhanbatu menjadi Perda yang disetujui DPRD Labuhanbatu terdiri dari 2 Sekretariat (Setdakab dan Setwan), 1 Inspektorat dan 25 Dinas serta 5 Badan Daerah.

Ke 25 dinas tersebut, yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Perhubungan, Dinas Koomunikasi dan Informatika, Dinas Koperasi UKM, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Perpustakaan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, dan Dinas Pertanahan.

Kemudian 5 Badan Daerah Kabupaten Labuhanbatu terdiri dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Badan Pendapatan Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Jika dibandingkan dengan struktur sebelumnya yang hanya terdiri dari 2 sekretariat, 13 dinas daerah, 8 badan dan 2 kantor, terjadi pembengkakan pada perangkat daerah setingkat eselon 2 dari sebelumnya 25 menjadi 33. Pembengkakan tersebut diperkirakan akan menimbulkan pembengkakan porsi belanja tidak langsung dan operasional pada APBD Kabupaten Labuhanbatu,  sehingga porsi belanja publik semakin mengecil.

Foto : Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap disaksikan Ketua DPRD Labuhanbatu Dahlan Bukhari saat menandatangani persetujuan bersama Ranperda Tentang Rancangan Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Labuhanbatu menjadi Peraturan Daerah.

News Feed