oleh

Tahun 2017, Pemko Binjai Tata Bantaran Sungai Menjadi Taman

Binjai, BatakToday –

Pada tahun 2017, Pemerintah Kota Binjai akan menata sempadan Sungai Bingei, Mencirim, dan Bangkatan yang melintasi Kota Binjai menjadi taman, dan jalan raya akan dibangun pada garis sempadan sungai. Selain itu, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) akan dibangun untuk menetralisir air limbah rumah tangga sebelum dialirkan ke sungai.

Hal itu terungkap saat Walikota Binjai HM Idaham meninjau beberapa titik sempadan sungai bersama Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Tarukim) Mahfullah Daulay, Plt Dinas Pekerjaan Umum (PU) Elvi Kristina, dan sejumlah pihak terkait, Selasa (26/12/2016).

Pada peninjauan tersebut, Idaham mengatakan ingin membuat jalan di garis sempadan sungai yang sudah dibebaskan dari pemukiman warga. Selain jalan, kata Idaham, ia juga ingin menata sempandan sungai itu menjadi taman.

Dengan penataan tersebut, lanjut Idaham, maka tidak ada lagi pemukiman kumuh di sempadan sungai sehingga wajah kota pun semakin indah untuk dipandang.

Sementara itu, Kabag Humas Pemko Binjai, Hendrik Tambunan, saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, lebar garis sempadan sungai yang akan dikelola Pemko Binjai pasca pembebaskan sekitar 5 meter.

Dari peninjauan tadi, sebut Hendrik, juga ditemukan tumpukan sampah di Kelurahan Setia.

“Nantinya di lokasi tumpukan sampah akan ditempatkan tong sampah. Selanjutnya sampah yang sudah terkumpul akan diangkut oleh mobil sampah kelurahan,” ujar Hendrik.

Selain sampah, sambungnya, Pemko Binjai akan menyiapkan sarana Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Dimana IPAL ini akan menyaring limbah masyarakat.

“Tujuannya agar sungai kita tidak tercemar,” tegas Hendrik. (nk/rel)

News Feed