oleh

Talangi Kekurangan Guru, Pemkab Nias Rekrut 250 GBD

.

Nias, BatakToday –

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nias F Yanus Larosa serahkan surat perintah tugas (SPT) kepada 250 Guru Bantu Daerah (GBD) di halaman Kantor Bupati Nias, Jumat (2/9/2016). Perekrutan GBD dilakukan untuk menanggulangi kekurangan tenaga pendidik di Kabupaten Nias.

Sekda F Yanus Larosa dalam arahannya mengungkapkan, permasalahan utama pada sektor pendidikan Kabupaten Nias saat ini adalah masalah kekurangan tenaga guru. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias dengan persetujuan DPRD telah mengundangkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 tentang Guru Bantu Daerah.

“Regulasi tersebut merupakan salah satu payung hukum untuk melakukan kebijakan strategis dalam memenuhi kebutuhan guru secara terencana, selektif, berkualitas dan berdaya guna, yang muaranya adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Nias,” ujar Larosa.

Sekda mengingatkan seluruh Guru Bantu Daerah yang telah menerima surat tugas agar melakukan tugas dengan penuh dedikasi, jujur, bersemangat dan tetap loyal terhadap pimpinan di unit kerja masing-masing, sehingga program Guru Bantu Daerah dapat meningkatkan kualitas pendidikan sesuai harapan masyarakat.

“Kepada SKPD terkait  utamanya jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Nias agar tetap melakukan pembinaan, pengawasan, dan monitoring terkait pelaksanaan tugas-tugas para guru sehingga mutu pendidikan kita akan menjadi lebih baik ke depan, dan bila ada personil Guru Bantu Daerah yang tidak aktif segera ambil tindakan sesuai dengan ketentuan,” tegasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Syukur Arman Mendrofa melaporkan, pelaksanaan penyerahan SPT kepada Guru Bantu Daerah merupakan hasil akhir dari rangkaian seleksi sesuai amanah Peraturan Daerah Kabupaten Nias Nomor 4 Tahun 2015 tentang Guru Bantu Daerah, Peraturan Bupati Nias Nomor 16 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengadaan Guru Bantu Daerah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Bupati Nias Nomor 21 Tahun 2016.

“Seleksi perekrutan Guru Bantu Daerah Kabupaten Nias Tahun 2016, dilaksanakan oleh tim independen dari Universitas Darma Agung Medan pada 19 Juli 2016, dan dari 765 yang ikut seleksi, dinyatakan lulus 250,” ungkap Syukur.

Apel Penyerahan SPT dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, dan pejabat struktural di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Nias. (YA/rel)

Foto: Sekretaris Daerah Kabupaten Nias F Yanus Larosa menyerahkan surat perintah tugas (SPT) secara simbolis kepada 250 Guru Bantu Daerah (GBD) di halaman Kantor Bupati Nias, Jumat (2/9/2016). (dok humas nias)

News Feed