oleh

Taman Nasional Batang Gadis Kaya Spesies Rafflesia?

Bulan Oktober lalu, ranger Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) menemukan beberapa bunga padma (rafflesia) yang sedang mekar (dua foto di kiri). Bunga-bunga ini memiliki ukuran dan ciri fisik yang berbeda dengan raflesia yang sering dijumpai ranger TNBG dalam setiap patroli rutin (contoh di dua foto kanan). Sepertinya TNBG merupakan rumah bagi beberapa spesies rafflesia, tidak hanya satu.

Saat ini, diketahui terdapat 23 spesies rafflesia di seluruh dunia, 12 di antaranya adalah endemik Indonesia termasuk puspa langka nasional, Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldi).

Temuan terakhir menimbulkan pertanyaan: Spesies rafflesia apa saja sebenarnya yang ada di TNBG ? Partisipasi masyarakat setempat dan pecinta alam tentu sangat diharapkan untuk membantu para ranger TNBG dalam mengidentifikasi keberadaan spesies rafflesia ini.

Untuk diketahui, Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) berada di Kabupaten Mandailing natal (Madina), Sumatera Utara. Secara administrasi TNBG dikelilingi 68 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Madina. Nama taman nasional ini berasal dari dari nama sungai utama yang mengalir dan membelah Kabupaten Madina, Sungai batang Gadis.

TNBG meliputi kawasan seluas 108.000 hektare atau 26 persen dari total luas Madina yang terletak pada ketinggian 300 s/d 2.145 meter di atas permukaan laut dengan titik tertinggi puncak Gunung Sorik Merapi.

Tujuan pembentukan taman nasional adalah untuk menyelamatkan satwa dan habitat alam. TNBG juga dimaknai sebagai simbol pengakuan nilai-nilai kearifan lokal dalam mengelola hutan.

Kearifan tradisional masyarakat setempat berupa lubuk larangan atau naborgo-borgo dan harangan rarangan atau hutan larangan, merupakan beberapa contoh kearifan lokal yang hingga kini masih lestari. (ajvg/pageTNBG)

News Feed