oleh

Tanggal 17 Oktober Dideklarasikan menjadi Hari Ulos

Medan, BatakToday-

Tanggal 17 Oktober 2015 akan menjadi hari penting bagi komunitas Bangso Batak dan masyarakat Sumatera Utara, karena pada saat itu Hari Ulos pertama kali akan dideklarasikan, bersamaan dengan penyerahan sertifikat penetapan ulos sebagai warisan budaya takbenda nasional.oleh Wamendikbud Nuryati kepada Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi. Penyerahan sertifikat akan dilaksanakan di Gedung Sanken Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

Kalangan pencinta ulos menyambut baik penetapan tersebut dan langsung membentuk panitia deklarasi Hari Ulos serta memilih Enni Martalena Pasaribu dan Royana Marpaung masing-masing sebagai ketua dan sekretaris.

Deklarasi dijadwalkan dilaksanakan di Jalan Sei Galang Nomor 10-12 Medan, Sabtu (17/10), dan diisi dengan sejumlah kegiatan budaya, diantaranya pameran ulos dan orasi kebudayaan oleh Batakolog ternama, Manguji Nababan.

Menurut Enni Martalena Pasaribu, penetapan ulos sebagai warisan budaya nasional menjadi momentum yang sangat baik untuk pelestarian ulos. Dia menceritakan, di masa lalu ulos bukanlah sekedar asesori karena nyaris seluruh aspek kehidupan masyarakat Batak tidak terlepas dari ulos. “Bisa dikatakan ulos adalah ciri khas Batak, bahkan pakaian ompung kita di masa lalu dari ulos,” kata Enni.

Ke depan, lanjut Enni, pelestarian ulos diharapkan akan mampu mengangkat semangat pelaku ekonomi di bidang kerajinan ulos. “Jadi kita tidak sebatas deklarasi, tapi bagaimana menggelorakan ulos sebagai sumber perekonomian bagi para penggiat seperti partonun misalnya,” ujarnya.

Penetapan ulos sebagai salah satu warisan budaya takbenda dari Sumatera Utara bersamaan dengan penetapan yang sama terhadap enam jenis budaya lainnya, yaitu tarian tradisional Serampang Duabelas, Huda-huda, Omo Hada, Bola Nafo, Berahoi, dan Merdang-Merdem. Sebelumnya pada tahun 2013, Kemendikbud juga telah memberikan sertifikat yang sama untuk Tor-tor, Gordang Sambilan dan Rumah Adat Karo. (AFR)

Keterangan foto:

Ketua Panitia Deklarasi Peringatan Hari Ulos Enni Martalena Pasaribu.

News Feed