oleh

Titania dkk, Generasi Penjaga Warisan Budaya

Sianjur Mula Mula, BatakToday

Saat perhelatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara Ke-V, 15-19 Maret 2017 lalu, di Kampong Tanjung Gusta, Deli Serdang, seorang gadis kecil yang manortor bersama teman-temannya sesama siswa dari Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, menarik perhatian para peserta kongres dan hadirin lainnya.

Tidak berbeda dengan BatakToday, yang terkesan dengan gadis kecil yang terlihat polos namun lincah. Dengan sedikit ‘rasa bersalah’, setelah berlalu beberapa minggu, berupaya mencari tahu siapa gadis kecil itu.

Akhirnya ditemukan, namanya Titania boru Munte. Saat ini duduk di Kelas 2 SD Negeri 7 Sianjur Mula Mula dan juga menjadi siswa di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula.

Ternyata kecintaannya pada budayanya memang sangat luar biasa. Dalam setiap tortor yang diikuti ataupun kegiatan lain dia terlihat begitu antusias dan ingin selalu menjadi yang terbaik diantara yang terbaik.

Titania br Munte, dalam salah satu penampilan bersama Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, di Pentas Seni Masyarakat Adat Nusantara, di Kampong Tanjung Gusta (Nagoes Puratus)
Titania br Munte, dalam salah satu penampilan bersama Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, di Pentas Seni Masyarakat Adat Nusantara, di Kampong Tanjung Gusta (Nagoes Puratus Sinaga)

“Setiap mendengar arahan untuk menyampaikan sepatah dua patah kata ataupun ucapan terima kasih, dengan sigap dia mengangkat tangan untuk menandakan bahwa dia ingin mengucapkan kata atau pun kalimat dengan begitu polos. Jadilah yang terbaik diantara yang terbaik…!” demikian Nagoes Puratus Sinaga , penggagas sekaligus ‘Guru’ Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, menggambarkan Titania dalam sebuah postingannya di media sosial Facebook.

Titania masih satu dari antara sekian banyak anak dan pemuda lainnya yang belajar di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula. Mereka lah yang diharapkan sebagai Generasi Bangsa Penjaga Warisan Budaya.

Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, sesuai visinya, adalah tempat membangun Generasi Bangsa yang berpendidikan, beriman, kreatif, berwawasan budaya dan lingkungan. Tempat ini juga merupakan tempat belajar bersama, saling berbagi dan sebagai tempat pengembangan diri untuk anak muda yg kreatif.

Berikut dapat ditonton salah satu penampilan Titania bersama Siswa Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, saat tampil di Kongres Masyarakat Adat Nusantara Ke-V, pada tanggal 17 Maret 2017, di Kampong Tanjung Gusta, Deli Serdang.

Rumah Belajar Sianjur Mula Mula beralamat di  Huta Banjar Gunung, Hutabalian, Desa Sianjur Mula Mula, Kec. Sianjur Mula Mula, Samosir.

Tertarik? Informasi tentang rumah belajar ini dan kegiatan-kegiatannya dapat dilihat di laman Facebook-nya Rumah Belajar Sianjur Mula Mula(ajvg)

News Feed