oleh

TMMD Ke-97, Hari Kedua: Kodim 0207/Simalungun Buka Badan Jalan

Haranggaol, BatakToday

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-97 TA. 2016 Kodim 0207/Simalungun yang mbil tempat di Kelurahan Haranggaol Nagori Binangara Kecamatan Haranggaol Horizon Kabupaten Simalungun, telah memasuki hari kedua, Rabu (21/09).

Komandan Satuan Penugasan TNI Manungal Mamangun Desa (TMMD) ke-97 Tahun 2016 Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Letkol Inf Oni Kristoyono Goendong, S.H. menyatakan, pada hari ke 2 pada pelaksanaan kegiatan fisik mobilisasi sudah mencapai 80 %, pembukaan badan jalan dengan lebar 12 m sudah mencapai sepanjang 7,3 km dari panjang total 10,3 km, atau 70,87%, pembangunan jembatan ukuran 4 meter X 5 meter sebanyak 2 buah sudah mencapai 27%, dan pembangunan gorong gorong sudah mencapai 16 % dari yang direncanakan target 15 buah.

Kristoyono mengungkapkan dengan adanya TMMD ini akan membuka keterisoliran Haranggaol dari pesisir barat pantainya. Jalan lingkar sudah dibuka, sehingga warga bisa melintas dari Haranggaol menuju Karo, bahkan ke Medan menyusur pantai Danau Toba. Melalui TMMD ini juga diharapkan akan meningkatkan perputaran perekonomian masyarakat sekitar.

Pada kesempatan itu Kristoyono juga menyampaikan, dalam pelaksanaan pembukaan jalan itu, TNI bersama rakyat akan mengerjakan dalam tiga tahap. Untuk tahap pra TMMD yang telah dilangsungkan sebelumnya, dilakukan pembukaan badan jalan dan pembangunan gorong-gorong. Dia menyebutkan anggota TNI selalu siap berkat bantuan masyarakat.

“Kami optimis ini bisa selesai tepat pada waktunya. Sehingga masyarakat yang ada di sana bisa menikmati jalan yang selama ini memang diinginkan. Dengan adanya akses jalan ini,  aktifitas sehari-hari warga akan bisa berjalan normal,” paparnya.

Selain pembangunan infrastruktur jalan, dia mengungkapkan, dalam kegiatan TMMD kali ini akan dibuka lahan ketahanan pangan untuk ditanami Padi Gogo seluas 500 Ha, di Nagori Dolok Mariah Kecamatan Dolok Silau Kabupaten Simalungun. (rel/ajvg)

News Feed