oleh

Tobatak Festival 2017: “Love and Trust”

Pematangsiantar, Bataktoday

Tobatak Festival 2017 terselenggara dengan didasari oleh dua hal, yaitu Love (cinta) dan Trust (kepercayaan). Demikian disebutkan oleh Robintang Naibaho, Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, dalam konperensi pers, Kamis pagi (10/8/2017) di Sapadia Hotel, Pematangsiantar, untuk menyambut pelaksanaan even seni budaya yang juga dikenal dengan Samosir Music International 2017.

Robintang Naibaho menyampaikan, festival tersebut tidak akan terselenggara jika tidak ada rasa cinta dari pihak yang terlibat, dan rasa percaya dalam persiapan dan pengelolaan even.

“Jika tidak ada rasa cinta akan Batak, cinta Danau Toba, cinta untuk musik, ini tidak akan terjadi. Kemudian yang kedua, rasa percaya. Mustahil kita, Samosir (maksudnya Pemerintah Kab. Samosir,-red.), menyelenggarakan even internasional, jika tidak ada rasa percaya kepada seseorang. Dan saat ini saya ungkapkan, Pemerintah Kabupaten Samosir sangat percaya kepada Project Manager even ini, yaitu tulang Henry Manik. Kami percaya kepada beliau, bahwa even ini akan menjadi lebih menarik,” demikian disampaikan Robintang, sekaligus menyampaikan apresiasinya kepada Henry Manik sebagai Project Manager Tobatak Festival 2017.

Bintang Naibaho, Kabid Promosi Dinas Pariwisata Samosir (Foto: Arif JV Girsang)
Robintang Naibaho, Kabid Promosi Dinas Pariwisata Samosir (Foto: Arif JV Girsang)

Disampaikannya juga harapan ke depan, agar Henry Manik tetap bersedia untuk mengelola even ini secara berkelanjutan.

“Dan tahun depan, mudah-mudahan, tulang Henry tidak berpindah ke lain hati, tetap menjadikan even ini menjadi salah satu bagian dari Samosir Fiesta 2018,” sebutnya tentang harapannya, yang juga menjadi harapan Pemerintah Kabupaten Samosir.

Robintang juga menyampaikan apresiasi atas kehadiran dan keterlibatan para penampil dalam Tobatak Festival 2017. Diantara penampil yang hadir saat itu adalah Hermann Delago Manik, Tongam Sirait, Nadine Beiler, JB Band dari Austria, Bernadeta Astari, Yosphine Madju, Jay Bano Band (JB Band), dan Lisa Supadi.

Secara khusus dia menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada Hermann Delago, yang dia sebut sebagai salah satu ‘roh’ dari kegiatan tersebut.

“Kami menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan keterlibatan semua penampil dalam festival ini. Dan secara khusus menyampaikan penghargaan kepada Herman Delago, yang kami menyebutnya sebagai salah satu ‘roh’ dari Tobatak Festival,” ujar Robintang, setelah sebelumnya menyebutkan nama-nama penampil yang hadir dalam konperensi pers tersebut.

Diketahui sebelumnya, setelah penyelenggaraan Samosir Music Festival 2016 pada 27 Agustus 2016 lalu, berita di beberapa media online maupun media cetak, tidak menyebutkan peran besar Henry Manik sebagai Project Manager. Dalam berita-berita dimaksud, Henry Manik, putra Garoga-Simanindo yang telah berdomisili di Belanda, disebut ‘hanya’ sebagai pendukung untuk mempromosikan keberadaan even itu di Eropa, tanpa menyebutkan peran besarnya dalam perencanaan, persiapan, dan penyelenggaraan even. Justru yang ditekankan saat itu, terselenggaranya even adalah ‘hasil’ komunikasi dan kerjasama Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir dengan Kementerian Pariwisata RI. Juga tidak disebutkan bahwa Henry berperan untuk menghadirkan para artis dalam maupun luar negeri secara sukarela, mencari dana dan sponsor, serta mencari dukungan para pihak untuk penyelenggaraan even.

Tobatak Festival 2017, atau Samosir Music International 2017, akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017, mulai pukul 16.00 Wib, di Open Stage Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Even ini adalah bagian dari Samosir Fiesta 2017, rangkaian kegiatan seni budaya dan pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir.

Para penampil dalam festival kali ini, diantaranya Herman Delago, Viky Sianipar, Tongam Sirait, Alsant Nababan, Bernadeta Astari, Nadine Beiler, Yosphine Madju (pianis), Jay Bano Band (JB Band), Lisa Supadi (harpa), Punxgoaran, Samisara, Jajabi, dan Supra purba Tambak. (ajvg)

#tobatakfestival2017 #samosirmusicinternational2017 

#tobatakfestival #tobatak #samosirmusicinternational 

#tuktuksiadong #tuktuk #hermanndelago #vikysianipar

#tongamsirait #alsantnababan#bernadetaatsari

#nadinebeiler #yosephinemadju #jaybanoband

#lisasupadi #punxgoaran #samisara #jajabiband

#suprapurbatambak #henrymanik

News Feed