oleh

TPPD Pemko Siantar “Sukses” Bongkar 4 Kios di Jalan Kartini

Pematangsiantar, BatakToday

Tim Penegak Peraturan Daerah (TPPD) pemerintah kota Pematangsiantar kembali melakukan pembongkaran bangunan yang melanggar Perda, Kamis (22/9) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kali ini bangunan yang dibongkar adalah kios-kios ‘liar’ di sepanjang jalan Kartini Bawah, Kecamatan Siantar Barat, yang sebelumnya oleh TPPD telah disurati sebanyak tiga kali.

Pantauan BatakToday, begitu tiba di lokasi TPPD langsung melakukan pembongkaran 4 kios liar tersebut tanpa ada perlawanan. Para pemilik kios hanya bisa pasrah melihat kiosnya dibongkar habis. Dan akhirnya, berkat kerja keras, dalam waktu satu jam TPPD “sukses” membongkar 4 kios liar tersebut.

Usai pembongkaran, kepada BatakToday kordinator TPPD Arfin Sinaga mengatakan, sebelumnya jumlah kios liar di Jalan Kartini Bawah ada 11 unit. Tetapi, 7 pemilik kios sudah mematuhi surat teguran dan atas inisiatif sendiri melakukan pembongkaran bangunan kiosnya.

“Kita apresiasi para pemilik kios liar yang melakukan pembongkaran sendiri,” sebutnya.

Arfin menegaskan, dalam waktu dekat TPPD bakal berkordinasi dengan instansi terkait, agar mengambil kebijakan terhadap ruang publik tempat kios-kios ini berdiri sebelumnya.

“Misalnya, kita akan koordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH), supaya segera menanam pohon di tempat ini,” ujarnya.

Dia berpendapat, diperlukan suatu kebijakan yang tepat untuk mengantisipasi masyarakat agar tidak membangun kembali di lokasi itu. Dia juga mengungkapkan, TPPD masih akan terus melakukan pembongkaran kios-kios liar yang melanggar Perda.

“Kemungkinan besar, minggu depan TPPD bakal membongkar bangunan kios permanen di simpang empat jalan Seram,  Kelurahan Banjar,” tegasnya mengakhiri. (EM)

News Feed