oleh

Trimedya Panjaitan: Tindak Perusahaan yang Mencemari Danau Toba

Dolok Sanggul, BatakToday –

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan, mendukung rencana pemerintah untuk menghentikan operasi beberapa perusahaan yang selama ini dinilai mencemari Danau Toba.

“Kalau ada perusahaan-perusahaan yang mencemari Danau Toba, ya harus ditindak,” tegas Trimedya menjawab pertanyaan BatakToday disela-sela acara pengucapan syukur pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan di Dolok Sanggul, Sabtu (5/2/2016).

Politisi senior PDIP ini menilai kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke kawasan Danau Toba baru-baru ini sebagai lanjutan dari langkah-langkah yang telah dilakukan sebelumnya, terutama pembenahan infrastruktur dalam rangka pengembangan sektor pariwisata di kawasan Danau Toba.

“Beberapa langkah telah dilakukan, terutama pembangunan infrastruktur, sehingga Presiden Jokowi berkepentingan melihat langsung,” ujar Trimedya.

Menurut Trimedya, kebijakan Presiden Jokowi membangun sektor pariwisata Danau Toba sesungguhnya adalah cita-cita yang sudah lama diidam-idamkan masyarakat kawasan Danau Toba. Ia optimis, Peraturan Presiden (Perpres) Badan Otoritas Danau Toba akan diundangkan bulan Maret ini, sehingga sektor pariwisata Danau Toba akan segera dikelola secara baik.

“Tapi bagi saya pribadi, diluar itu semua, yang penting kultur masyarakat kita. Anggaran cukup, infrastruktur diperbaiki, (tapi) kultur masyarakatnya tidak mendukung, agak sulit juga,” ujarnya mengingatkan.

Menanggapi kemungkinan tumpang tindih kewenangan antara pemerintah 7 kabupaten kawasan Danau Toba dengan Badan Otorita Danau Toba, menurut Trimedya hal itu sudah tuntas dibahas pada kunjungan Presiden baru-baru ini.

“Mereka (tujuh bupati kawasan Danau Toba-red) kan intensif rapat. Kemarin diundang oleh Presiden Jokowi ke Parapat, dan menyampaikan apa program yang bisa dilakukan di kabupatennya masing-masing. Yang penting para kepala daerah ini tidak ada ego sektoralnya, sehingga tujuan utamanya bagaimana memajukan kawasan Danau Toba. Ini yang paling penting,” terang Trimedya. (FT)

Foto: Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan. (ist)

News Feed