oleh

Turunkan Kolesterol dengan Cuka Apel

Cuka apel tak hanya mampu mengontrol berat badan, tapi juga sejumlah manfaat lain, yaitu menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi pencernaan. Berikut beberapa manfaat itu:

1. Menurunkan berat badan
Asam asetat merangsang metabolisme dan mempengaruhi pencernaan pati. Ini menginaktivasi enzim pencernaan yang memecah karbohidrat menjadi gula. Proses ini akan meningkatkan rasa kenyang dan membuat Anda tidak merasa lapar, sehinggamenghambat akumulasi lemak dalam tubuh dan membantu melawan obesitas.

2. Meningkatkan fungsi pencernaan
Jika diminum sebelum makan, dapat merangsang pemecahan cairan pencernaan dan memudahkan buang air besar, sehingga mencegah sembelit.

3. Menurunkan kolesterol
LDL atau kolesterol jahat akan terakumulasi dalam arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Asam asetat merupakan komponen penting yang telah terbukti mengurangi LDL dan trigliserida, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

Cara mengkonsumsi cuka apel:
Encerkan 1 sendok teh cuka apel dalam 1 gelas air dan meminumnya 5 – 10 menit sebelum makan. Cuka apel dapat dikonsumsi dua kali sehari, sebelum makan siang dan makan malam. Anda juga dapat mengganti dressing salad dengan cuka apel dan menambahkan beberapa merica, bawang putih, dan peterseli untuk meningkatkan rasa.

Penulis: Nessy Febrinastri/FAB

Sumber:The Health Site

News Feed