oleh

Vinculos 2017: OCAS Hadir di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula

Sianjur Mula Mula, BatakToday

Orquesta de Cámara de Siero (OCAS) atau Siero Chamber Orchestra dari Spanyol, akan hadir di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, Huta Banjar Gunung-Hutabalian, Desa Sianjur Mula Mula, Kec.Sianjur Mula Mula, Samosir, dalam rangkaian tour internasionalnya yang diberi nama Vinculos Indonesia 2017.

Carmen Caballero, Project Director Vínculos Indonesia 2017, dalam pesan yang diterima BatakToday, Senin lalu (17/7/2017), menyebutkan OCAS akan berada di Indonesia selama 20 hari. Disebutkannya juga daerah-daerah yang akan menjadi tempat mereka melakukan konser dan berbagai kegiatan, yaitu Kawasan Danau Toba, Jakarta dan Kepulauan Seribu, dan salah satunya ke Rumah Belajar Sianjur Mula Mula pada tanggal 1 Agustus 2017.

Orquesta de Cámara de Siero (OCAS), Spanyol (ist)
Orquesta de Cámara de Siero (OCAS), Spanyol (ist)

Menurutnya, keputusan untuk membuat proyek Vinculos 2017 di Danau Toba, atas masukan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud) yang mendukung mereka dalam proyek ini.

“Dalam pertemuan pertama dengan mereka (Kemendikbud,-red.), kami membahas beberapa tempat dan kebanyakan sekolah di daerah pedesaan yang kurang beruntung di Indonesia, yang mungkin cocok untuk proyek ini. Sebagai kesimpulan, kita semua bersama-sama memutuskan bahwa itu akan menjadi pilihan sempurna untuk melakukannya di sekitar Danau Toba, Jakarta dan Kepulauan Seribu. Kita tahu beberapa kondisi di Danau Toba yang mungkin perlu dukungan dalam membangun kembali kawasan, termasuk pariwisata dan pendidikan anak-anak. Kami datang untuk berbagi musik dan pengetahuan dengan masyarakat, anak-anak dan sekolah yang memiliki akses terbatas. Ini akan sangat menyenangkan bagi kami,” sebut Carmen.

Huta Banjar Gunung-Hutabalian, lokasi Rumah Belajar Sianjur Mula Mula (bataktoday/ajvg)
Huta Banjar Gunung-Hutabalian, lokasi Rumah Belajar Sianjur Mula Mula (bataktoday/ajvg)

Menjadi filosofi bagi OCAS, bahwa musik adalah bahasa universal, dan merupakan alat integratif untuk mengajarkan prinsip-prinsip dasar kehidupan, seperti toleransi, kerja sama, saling menghormati, dan kualitas seperti disiplin dan saling percaya.

Musik juga, karena popularitas dan daya tariknya, dan hubungan manusia yang erat dan intens yang mapan dengan praktiknya, menawarkan kesempatan unik untuk promosi dan pengembangan nilai-nilai sosial dan pribadi, sehingga menjadi cara untuk mendidik anak-anak dan remaja yang mengalami tekanan oleh masalah marginalisasi atau pengucilan sosial, kekerasan, kecanduan narkoba, dan sebagainya. Bahkan sebagai metode terapi untuk orang-orang cacat, praktik musik akan memperbaiki perkembangan fisik, sosial dan psikologis mereka.

Anak-anak Rumah Belajar Sianjur Mula Mula menanti kehadiran OCAS, Vinculos 2017 (doc Nagoes Puratus Sinaga)
Anak-anak Rumah Belajar Sianjur Mula Mula menanti kehadiran OCAS, Vinculos 2017 (doc Nagoes Puratus Sinaga)

Untuk itulah OCAS, yang merupakan kerjasama pemusik Spanyol dan beberapa negara lain, melakukan tour Vinculos 2017 ini sebagai pertukaran budaya antar negara, melalui musik untuk membuka hubungan dengan saling mengenal, sehingga membawa masing-masing masyarakatnya lebih dekat satu sama lain, dan mengajarkan untuk menghargai esensi identitas masing-masing, yang menyiratkan pertumbuhan baik di tingkat personal maupun global.

Vinculos, dalam bahasa Inggris artinya Link, sebelumnya telah diselenggarakan di berbagai negara, sejak 2005. Negara-negara tempat OCAS melakukan kegiatan dengan membawa nama Vinculos sebagai judul tournya, diantaranya Bolivia 2005&2007, Brazil 2005, Honduras dan Guatemala 2008, Marokko 2009, 2011&2012, Nikaragua 2010, serta yang terakhir di Aljazair dan Republik Dominika 2016.

Anak-anak di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula (doc Anak-anak di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula)
Anak-anak di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula (doc Nagoes Puratus Sinaga)

Dalam kehadirannya di Rumah Belajar Sianjur Mula-mula, selain OCAS akan melakukan konser mini dengan memainkan musik orkestra, juga akan menyelenggarakan workshop musik dengan menggunankan alat musik maupun peralatan non alat musik seperti plastik, botol dan lain-lain.

Selain OCAS, juga turut hadir di Sianjur Mula Mula, yaitu Trio Batak “TBC”. Dalam kunjungan ini juga akan diserahkan bantuan berupa peralatan musik dari Spanyol, serta buku-buku bantuan dari Kemendikbud RI.

Nagoes Puratus Sinaga (kaos hitam), bersama tamu Rumah Belajar Sianjur Mula Mula (bataktoday/ajvg)
Nagoes Puratus Sinaga (paling kiri), bersama tamu Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, Senin 24/7/2017 (bataktoday/ajvg)

Nagoes Puratus Sinaga, sebagai ‘guru dan abang’ bagi anak-anak di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, yang dijumpai BatakToday, Senin pagi (24/7/2017), menyebutkan kehadiran OCAS melalui program atau tour Vinculos 2017 menjadi motivasi tersendiri bagi mereka untuk melakukan lebih lagi untuk pendidikan anak dalam mencintai serta melestarikan alam dan budaya.

“Alam Raya Sekolah ku, Semua Orang itu Guru! Ini menjadi falsafah di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula. Sehingga kedatangan saudara-saudara kita dari Spanyol dan rombongan, seperti kedatangan setiap orang yang mengasihi kami, selalu menjadi motivasi bagi kami untuk tetap “Bangkit, Bersatu, Bergerak”, dalam mencapai mimpi-mimpi bersama adik-adik, untuk melestarikan alam dan budaya,” ujar Nagoes.

Di setiap t-shirt yang dikenakan anak-anak di Rumah Belajar terpampang di bagian dada, “Bangkit Bersatu Bergerak” sebagai kata-kata untuk mengingatkan dan menyemangati untuk setiap kegiatan mereka.

Desa Sianjur Mula Mula, Kecamatan Sianjur Mula Mula, Samosir (bataktoday/ajvg)
Desa Sianjur Mula Mula, Kecamatan Sianjur Mula Mula, Samosir (bataktoday/ajvg)

Nagoes kembali menambahkan, kedatangan ‘tamu’ kali ini disamakan dengan kedatangan Guru bagi di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula.

“Tentu kami akan diperkenalkan lebih banyak lagi tentang alam dan dunia dengan kedatangan OCAS. Mereka tentu menambah pengetahuan adik-adik dan kami abang dan kakaknya, tentang musik yang adalah bagian dari alam, serta pengetahuan budaya yang mereka akan berikan di sini. Sekali lagi “Semua Orang itu Guru”, sehingga kedatangan mereka, atau siapa pun, bagi kami adalah kedatangan para Guru. Kami sangat berterimakasih untuk kedatangan setiap Guru di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula,” ujar Nagoes yang pada pagi setelah adik-adiknya berangkat ke sekolah, sedang bersiap-siap untuk mengantarkan beberapa tamu yang datang dari Jakarta dan Bali ke beberapa obyek wisata alam dan budaya di kawasan Sianjur Mula Mula dan Pusuk Buhit.

Pada hari yang sama, setelah kunjungan ke Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, OCAS juga nantinya akan hadir untuk konser musik di alam terbuka di Sigulatti Geopark Center. (ajvg)

News Feed