oleh

Volume Sampah Over Kapasitas, TPA Tanjung Pinggir Sebarkan Bau Tak Sedap

Pematangsiantar, BatakToday –

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Pematangsiantar, Jekson Gultom mengatakan, volume sampah di TPA Tanjung Pinggir mengalami over kapasitas, sehingga berdampak buruk pada lingkungan, diantaranya menimbulkan bau tak sedap di sekitar lokasi. Untuk mengurangi dampak lingkungan tersebut, pihaknya sudah merencanakan penanaman pohon di sekitar TPA.

“Memang benar, volume sampah di TPA Tanjung Pinggir sampai pada bulan November 2016 tidak seimbang lagi. Akibatnya, menimbulkan bau tidak sedap di lingkungan sekitar,” kata Jekson saat dihubungi BatakToday via seluler, Kamis (24/11/2016).

Menurutnya, hal tersebut disebabkan ketidakseimbangan antara luas TPA Tanjung Pinggir dengan volume sampah yang masuk setiap harinya. Selain itu, dilanjutkannya, beberapa jenis sampah tertentu selama ini tidak ditimbun ke dalam tanah. Jekson menyakini, bau tidak sedap  juga akibat minimnya pepohonan di sekitar TPA Tanjung Pinggir.

“Dengan luas wilayah hanya sekitar 3 hektar, mana mungkin TPA Tanjung Pinggir sanggup menampung volume sampah yang masuk setiap harinya sekitar 450-500 ton. Jadi wajar saja bila bau tidak sedap sampai ke ruas jalan Rondahaim,” terang Jekson.

Di satu sisi, Jekson menilai bahwa sampah-sampah di TPA Tanjung Pinggir berpotensi sebagai sumber ekonomi bagi masyarakat. Karena sesuai amatannya, banyak masyarakat mengumpulkan barang bekas di area TPA.

“Misalnya, sampah dijadikan sebagai pupuk. Lalu sampah plastik atau minuman bekas didaur ulang sebagai bahan bermanfaat. Kan sayang juga kalau sampahnya tidak dimanfaatkan,” ujarnya.

Mengantisipasi dampak buruk yang terjadi, Jekson menyebut, wilayah TPA Tanjung Pinggir seharusnya diperluas. Namun mengingat lahan TPA Tanjung Pinggir bukan milik pemerintah kota, SKPD terkait tidak berwenang memperluasnya.

“Salah satu upaya mencegah sampah over kapasitas, saya rasa harus ada lahan alternatif TPA pemerintah kota. Karena tiga tahun lagi, sampah tidak tertampung di TPA Tanjung Pinggir ini. Untuk mengurangi bau tidak sedapnya, ke depannya BLH sudah merencanakan penanaman pohon di sekitar TPA,” katanya. (EM)

News Feed