oleh

Wakil Walikota Medan: Tahun 2017 Kawasan Jalan Letda Sujono Bebas Banjir

Medan, BatakToday –

Semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam pembangunan jalan dan drainase di kawasan Jalan Letda Sujono dan sekitarnya diharapkan mempersiapkan rencana detail masing- masing, untuk selanjutnya disinkronisasi dibawah koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Medan. Perencanaan komprehensif diharapkan dapat menuntaskan masalah banjir di kawasan tersebut, terutama di bawah jalan tol.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution saat memimpin rapat koordinasi pengerjaan drainase di kawasan Jalan Letda Sujono, Rabu (14/9/2016). Rapat ini guna mensinkronisasi program pelebaran jalan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional pada tahun 2017 dengan program normalisasi sungai.

“Pengerjaan drainase ini akan dilaksanakan pada tahun 2017 dengan menggunakan anggaran di tahun tersebut. Insya Allah tahun 2017 kawasan Jalan Letda Sujono dan sekitarnya akan terbebas dari banjir yang selama ini kerap terjadi jika hujan turun,” ujar Akhyar.

Dalam rapat yang dihadiri perwakilan dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I, Balai Wilayah  Sungai (BWS) Sumatera II, Dinas Tarukim Provsu, PT Kereta Api, PT Jasa Marga, , Perusahaan Gas Negara, Dinas Bina Marga Kota Medan, Bappeda Medan, Dinas TRTB Kota Medan serta pihak Kecamatan Medan Tembung ini, semua pihak diminta menyesuaikan penerncanaan masing-masing dengan grand design dari Pemko Medan, tetapi backbone tetap pada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional.

Akhyar menjelaskan, jika pengerjaan drainase di kawasan tersebut sudah dilaksanakan, maka drainase di kawasan penduduk di Mandala dan Komplek TVRI akan mengalir ke drainase di Jalan Letda Sujono, dan selanjutnya mengalir ke sungai Denai.

“Selama ini drainase di pemukiman penduduk di Mandala tidak tahu mengalir kemana, karena saluran primernya tidak ada. Untuk itu kita siapkan saluran primernya di Jalan Letda Sujono.  Artinya jika sudah ada maka saluran sekunder dan tersiernya akan mengalir ke saluran primer,” ungkap Akhyar.

Selanjutnya, Wakil Walikota juga mengungkapkan bahwa pihak Jasa Marga yang mengikuti rapat juga telah siap untuk mengintegrasikan programnya dengan pengerjaan drainase.

Sebelumnya Pihak Dinas Tarukim Provsu menjelaskan bahwa pihaknya juga akan melakukan pengerjaan drainase primernya di seputaran kawasan Jalan Letda Sujono, seperti di Jalan Martondi di bawah jalan tol yang mengarah ke Jalan Laudendang, simpang TVRI sampai Jalan Meteorologi dan seputaran Titi sewa.

“Pengerjaan saluran drainase primer ini nantinya akan di sesuaikan dengan integrasi yang telah direncanakan Pemko Medan,” ungkap pihak Tarukim Provsu.

Sementara itu, Perwakilan Balai Besar Pengerjaan Jalan Nasional Sumut menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan pelebaran jalan di kawasan Jalan Letda Sujono mulai dari Simpang Aksara sampai Simpang Komplek TVRI, sedang pelebaran ke arah Titi Sewa yang merupakan batas Kota Medan, akan dikerjakan Dinas Bina Marga Kota Medan. (AM/rel)

Foto: Suasana banjir yang kerap terjadi di kawasan Jalan Letda Sujono Medan. (dok Ona Sutra)

News Feed