oleh

Wali Kota Resmikan Kawasan Chinatown Tebing Tinggi

Tebing Tinggi, BatakToday-

Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan  resmikan Food Court Budi Dharma milik Yayasan Sumber Kasih di Jalan Veteran yang disulap menjadi Chinatown Tebing Tinggi, Senin (18/1/2016).

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Sumber Kasih, Riayanto alias Aciong menjelaskan, pembangunan gedung food court tersebut butuh pemikiran yang baik dan proses pembangunannya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

“Saya pernah ditanya apakah saya mau buat klenteng. Saya jawab saja, ‘ya pak’. Kenapa saya buat seperti ini, sebab ini adalah milik Yayasan Sumber Kasih Budi Dharma, jadi disainnya seperti ini. Tetapi didalamnya untuk tempat kuliner seperti yang biasa kita jumpai. Jadi sebenarnya ini bentuk rasa cinta kita kepada kota ini,” ujar Aciong.

Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan dikalungi bunga pada peresmian Gedung Food Court Budi Dharma Senin (18/1/2016). (bataktoday/iss)
Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan dikalungi bunga pada peresmian Gedung Food Court Budi Dharma Senin (18/1/2016). (bataktoday/iss)

Sementara, Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan pada awal sambutannya mengatakan, bangga serta salut kepada Ketua Yayasan Sumber Kasih Riyanto alias Aciong yang menurutnya telah banyak memberikan kontribusinya untuk kemajuan Kota Tebing Tinggi.

“Ini bukan yang pertama kali beliau berbuat. Seperti kita ketahui, beliau beberapa waktu yang lalu juga telah membangun lapangan futsal senilai miliaran rupiah, dengan memdatangkan rumput sintetis dari Negara Paman Sam,” puji Umar.

Wali Kota Umar menyambut baik pembangunan food court yang menurutnya sangat mendukung perkembangan wisata kuliner di Kota Tebing Tinggi.

“Usaha seperti ini sangat mendorong UMKM di kota Tebing Tinggi, sebab ada sekitar 25 pedangang yang berjualan di gedung ini, bertepatan dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” terangnya.

Menurut Umar, pembangunan jalan tol Medan-Tebing Tinggi membuka peluang ekonomi yang sangat baik bagi Kota Tebing Tinggi, diantaranya dengan pengembangan wisata kuliner.

“Saya perkirakan jalan tol Medan-Tebing Tinggi akan selesai pada pertengahan 2017 mendatang, tentunya kota kita ini akan menjadi kota tujuan. Maka kedepan, kota kita akan berubah menjadi The City of Culinary” ujar Wali Kota optimis.

Tampak hadir pada peresmian gedung food court, antara lain Kapolres Tebing Tinggi AKBP Slamet Loesiono, Ketua Pengadilan Riana Pohan, Wakil Ketua DPRD M Hazly Azhari Hasibuan, anggota DPRD Hendri Rivai dan Ogamota Hulu.

Gedung dengan dua lantai yang dilengkapi basement  itu dirancang dengan arsitektur Tiongkok, masing-masing lantai dengan fungsi berbeda dan saling melengkapi.

Basement difungsikan untuk parkir mobil dan sepeda motor, sedang lantai satu  dirancang menjadi food court yang menjual aneka makanan lokal dan nasional dengan label halal.

Food court lantai satu yang diperkirakan mampu menampung seribuan pengunjung itu dilengkapi dengan televisi dan musik, serta fasilitas lainnya yang dirancang untuk menambah kenyamanan dan kenikmatan wisata kuliner.

Kemudian lantai dua, didesain menjadi ruang pertemuan tertutup (hall) dengan kapasitas 600 pengunjung, dilengkapi pendingin ruangan dan pentas yang luas. Ruangan ini dirancang untuk pesta pernikahan, dan acara resmi lainnya seperti seminar atau rapat.

Menariknya, Food Court Budi Dharma berada di tengah kawasan pecinan sehingga layak disebut sebagai Chinatown. Di lokasi ini terdapat toko penjual alat sembahyang, dua vihara, rumah persemayaman Hang Kang, serta pasar yang sejak dulu dinamai Pasar Hongkong, yang setiap harinya ramai dikunjungi pembeli, khususnya warga keturunan Tiongkok.

Acara dihadiri ratusan warga etnis Tionghoa serta masyarakat sekitar gedung, dan diramaikan dengan atraksi barongsai. (iss)

Foto: Suasana Gedung Food Court Budi Dharma milik Yayasan Sumber Kasih di Jalan Veteran Tebing Tinggi saat diresmikan, Senin (18/1/2016). (bataktoday/iss)

News Feed