oleh

Walikota Eldin Luncurkan Perpustakaan Digital iMedan

Medan, BatakToday –

Pemerintah Kota Medan meluncurkan perpustakaan digital dengan inisial iMedan, Senin (21/11/2016) di Kantor Perpustakaan Kota Medan. iMedan merupakan perpustakaan digital yang menyatukan user, buku dan teknologi untuk mendorong budaya baca di kalangan masyarakat. Aplikasi dirancang sedemikian rupa untuk memberikan manfaat yang besar serta menyatukan masyarakat dalam sebuah komunitas membaca secara digital atau cyber society.

Pada kesempatan yang sama, Pemko Medan juga menerima 1 unit mobil perpustakaan keliling yang diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI Dedi Djunaidi kepada Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin.

Dalam sambutannya Walikota Eldin mengatakan bahwa perpustakaan umum adalah salah satu perangkat penyelenggaraan pendidikan non formal dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa yang diamanatkan oleh UUD 1945. Untuk itu, Pemko Medan berupaya meningkatkan layanan melalui perpustakaan digital iMedan dan perpustakaan keliling.

Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin saat berinteraksi dengan salah seorang pengunjung pada peluncuran perpustakaan digital iMedan, Senin (21/11/2016) di Kantor Perpustakaan Kota Medan. (humas mdn)
Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin saat berinteraksi dengan salah seorang pengunjung pada peluncuran perpustakaan digital iMedan, Senin (21/11/2016) di Kantor Perpustakaan Kota Medan. (humas mdn)

“Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menciptakan masyarakat terdidik dan terpelajar sehingga mampu mengikuti peristiwa dan perkembangan di era globalisasi, Pemerintah Kota Medan memberikan layanan penyediaan informasi kepada masyarakat antara lain dengan menyediakan layanan perpustakaan umum dan perpustakaan cabang di masing-masing kelurahan dan kecamatan,” ujar Walikota Medan.

Eldin berharap, perpustakaan digital iMedan dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat dan dapat menyatukan masyarakat dalam sebuah komunitas membaca secara digital atau cyber society.

Pada acara yang sama Sekretaris Utama Perpustakaan RI Dedi Djunaidi mengatakan, pemberian Mobil perpustakaan keliling ini merupakan yang kedua kali di Kota Medan.

Sementara Anggota Komisi X DPR-RI dr Sofyan Tan mengungkapkan, untuk anggaran 2016 ini Perpustakaan Nasional RI mengadakan 50 unit mobil perpustakaan keliling. Dan untuk Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan dan Kabupaten Toba Samosir mendapat masing-masing mendapat 1 unit. Dia mengharapkan Pemko Medan memanfaatkan mobil perpustakaan keliling tersebut untuk menjangkau masyarakat di wilayah utara Kota Medan. (Swan/rel)

News Feed