oleh

Walikota Tebing: Baca-Tulis Cegah Kepikunan Lansia

Tebing Tinggi, BatakToday –

Seiring dengan kondisi kesehatan secara umum yang semakin baik dan terjaga, usia harapan hidup manusia semakin panjang, dan usia lanjut usia pun bertambah menjadi 70 tahun baru. Meskipun usia manusia merupakan rahasia Tuhan, namun manusia khususnya kamu lansia diminta untuk melakukan berbagai aktivitas untuk menjaga kondisi kesehatan.

Hal ini disampaikan Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) ke-20 di halaman Puskesmas Rantau Laban, Sabtu (28/5/2016) dihadiri 200 orang Lansia dari Kelurahan Mekar Sentosa, Lalang dan Kelurahan Rantau Laban.

“Untuk itulah mari terus kita membiasakan diri untuk terus berolahraga agar tubuh senantiasa terus sehat, dan dalam tubuh yang sehat akan terdapat pula jiwa yang sehat,” ujarnya.

Walikota meminta kaum lansia agar tetap berikhtiar seraya berdoa untuk senantiasa diberikan umur panjang, dan salah satu upayanya adalah menjaga kesehatan.

Menurut Walikota, bertambah panjangnya usia sifatnya akan kembali seperti anak-anak, dan untuk  menghindari kepikunan karena usia, kamu lansia diminta untuk mencari berbagai kegiatan agar syaraf-syaraf tidak mudah berkerut dan dapat menimbulkan penyakit.

“Untuk menghindari kepikunan dianjurkan agar rajin membaca dan menulis guna mengasah otak kita senantiasa bekerja, perbanyak interaksi dengan para sahabat, mengikuti pengajian dan memperbincangkan sesuatu yang bermanfaat,” katanya.

Kepada generasi muda dan anak-anak, Walikota Umar meminta agar tetap menghormati orangtua, apalagi sudah termasuk dalam kelompok lansia.

“Jangan sekali-kali tidak diperdulikan, berikan makanan yang teratur untuk menjaga kesehatannya,” kata Umar mengingatkan.

Acara di awali dengan senam lansia, penyuluhan kesehatan, lucky draw, dan pemotongan nasi tumpeng oleh Walikota Umar.(iss)

Foto: Walikota Tebing Tinggi umar Zunaidi Hasibuan menyuapkan nasi tumpeng kepada salah seorang lansia pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) ke-20 di halaman Puskesmas Rantau Laban, Sabtu (28/5/2016). (bataktoday/iss)

News Feed